Kompas.com - 16/07/2021, 17:03 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA CLEVELAND CLINIC.

KOMPAS.com - Anak balita mungkin akan terlihat kegirangan saat orangtua mengajak mereka bermain dengan mengangkat dan mengayunkan lengannya.

Tapi hati-hati, mengangkat dan mengayunkan lengan anak dapat mengakibatkan cedera pada siku yang dikenal sebagai nursemaid elbow atau siku tertarik.

Hal ini biasanya terjadi ketika tulang di lengan bawah anak terkilir sebagian pada sendi siku. Keadaan ini memicu nyeri mendadak di sekitar siku.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Kulit Kering Menghitam di Siku dan Lutut

"Meskipun ini adalah masalah yang tidak begitu berbahaya, tetapi bisa sangat menyakitkan bagi anak," kata ahli bedah ortopedi anak, Ryan Goodwin, MD.

"Anak bisa menangis atau memegang sikunya karena sakit akibat cedera ini," sambung dia.

Nursemaid elbow juga sering terjadi pada anak-anak berusia antara 2-5 tahun, yang tulang maupun ligamennya masih belum matang dan berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabar baiknya, pengobatan sederhana bisa mengembalikan siku ke tempatnya.

Tetapi, Goodwin menekankan bahwa kita tidak boleh mencobanya di rumah kecuali benar-benar yakin bahwa rasa sakit anak memang disebabkan oleh cedera pada siku.

Cara mengetahui anak cedera

Tanda yang paling jelas dari nursemaid elbow ini adalah rasa sakit yang dimulai setelah lengan anak ditarik atau diangkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.