Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Break Time untuk Kesehatan Mental Saat Bekerja Dari Rumah

Kompas.com - 16/07/2021, 18:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada tanggal 3 Juli 2021, sebagian besar dari kita diharuskan beraktivitas di dalam rumah, termasuk bekerja dari rumah (WFH).

Hal ini bisa membuat kita merasa kelelahan dan berujung pada masalah kesehatan mental seperti depresi karena tidak adanya batasan yang jelas antara bekerja dan menikmati waktu beristirahat (break time).

Padahal, break time itu sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental kita tetap baik selama terisolasi di rumah pada masa pandemi Covid-19 ini.

Seorang psikolog klinis, Inez Kristansi, MPsi mengatakan bahwa bekerja dari rumah telah mengaburkan garis waktu kita untuk beristirahat dan kembali bekerja.

"Sangat penting untuk bisa mengalokasikan waktu yang cukup bagi diri kita sendiri untuk beristirahat dan recharge," terangnya saat virtual media discussion bersama Durex, Jumat (16/7/2021).

"Terutama break time bersama suami atau istri yang mungkin sibuk dengan aktivitas masing-masing," lanjut dia.

Di samping itu, Inez juga menekankan pentingnya berfokus pada kualitas daripada kuantitas dalam hal mengalokasikan waktu istirahat.

"Waktu istirahat tidak harus memakan waktu lama, yang penting memang didedikasikan untuk rehat," tambahnya.

Selain beristirahat, dia pun merekomendasikan beberapa cara menjaga kesehatan mental saat bekerja dari rumah yakni dengan mengakui adanya rasa lelah, melakukan aktivitas yang disukai, dan mencari bantuan pada ahli seperti terapis atau psikolog.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat WFH

Gerakan Durex #BreakTime

Guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental selama situasi pandemi ini, Reckitt Indonesia dengan produk kontrasepsinya Durex, meluncurkan gerakan Durex #BreakTime.

Kampanye ini bertujuan membantu menjaga kesehatan mental dengan cara sederhana yaitu beristirahat sejenak bagi seluruh masyarakat Indonesia yang sedang bekerja dari rumah, khususnya pasangan suami-istri yang berisiko mengalami konflik selama pandemi.

"Dalam situasi yang sangat sulit ini, kita perlu mengambil sikap tegas pada kesehatan mental dengan mengambil waktu untuk beristirahat," ungkap Marketing Director Reckitt Indonesia, Rahul Bibhuti.

"Kualitas istirahat yang baik juga diperlukan bagi bagi pasangan suami-istri dengan menguatkan hubungan intim di dalam rumah," imbuh dia.

Masyarakat dapat mengikuti kampanye ini dengan mengingatkan pasangan atau orang-orang tercinta di berbagai platform media sosial untuk beristirahat dengan menggunakan hashtag #BreakTime dan membagikan momen "me-time" di masa pandemi.

Dengan ikut serta dalam kampanye ini, kita juga dapat terus menjaga hubungan emosional dengan orang-orang terkasih sekaligus memastikan kondisi mereka agar tetap sehat secara mental di masa pandemi.

Baca juga: Bekerja dari Rumah Bikin Kita Jenuh, Begini Menghadapinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com