Kompas.com - 17/07/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kopi Vietnam drip terbuat dari bubuk kopi Vietnam menggunakan alat Vietnam drip. SHUTTERSTOCK/MALLIKAMPIlustrasi kopi Vietnam drip terbuat dari bubuk kopi Vietnam menggunakan alat Vietnam drip.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kopi mulai masuk ke Vietnam pada abad ke-19 bersamaan dengan datangnya Perancis ke negara itu.

Seiring waktu, cara menyeduh kopi pun berkembang, dan memunculkan racikan kopi yang disebut Vietnam Coffee. Nama ini mengacu pada cara penyeduhan dan bahan yang dipakai untuk membuatnya.

 

Kopi Vietnam umumnya dibuat menggunakan biji kopi varietas robusta. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat, lebih pahit, dan berat. Selain itu, kafein yang terkandung di dalamnya juga lebih tinggi daripada arabika.

Untuk menyeduh kopi Vietnam, kita harus menggunakan filter phin, yakni alat berupa wadah berlubang yang bisa meneteskan seduhan kopi secara perlahan.

Nah, apabila ingin mencoba membuat kopi vietnam buatan sendiri di rumah, kita bisa mengikuti cara-caranya berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tambahkan kopi vietnam ke phin

Jumlah kopi yang kita butuhkan akan tergantung pada ukuran wadah kita, tetapi rasio yang disarankan adalah 2 sendok makan kopi Vietnam yang digiling halus dengan 4 ons atau setara dengan 118 ml air.

Setelah kopi berada di dalamnya, masukkan tutup pres untuk menutupi bubuk kopi.

Ilustrasi kopi Vietnamshutterstock Ilustrasi kopi Vietnam
2. Tambahkan air panas

Tuangkan sekitar 24 ml air panas (sekitar 96°C) untuk membuat kopi mengembang selama 30-40 detik. Ketika kopi mengembang, ini memungkinkan karbon dioksida keluar untuk hasil yang lebih enak.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.