Kompas.com - 17/07/2021, 11:48 WIB
Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tepung jagung atau maizena terbuat dari pati murni biji jagung yang dapat membuat masakan kita menjadi lebih lezat.

Tak hanya itu saja, tepung ini juga menjadi salah satu bahan penting untuk membuat sup menjadi kental, perenyah gorengan, memanggang kue kering, serta dapat digunakan sebagai pelunak daging dalam bumbu rendaman.

Namun, jika kehabisan atau tidak memiliki tepung maizena, kita tidak perlu khawatir, karena ada banyak bahan yang dapat dijadikan sebagai penggantinya.

Berdasarkan rekomendasi dari Chef Rich Hudson dari Datz Restaurant Group di Amerika Serikat, berikut ini adalah pengganti tepung maizena terbaik yang dapat kita gunakan.

Pengganti tepung maizena terbaik untuk pengental

1. Tepung serbaguna

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak seperti tepung maizena, tepung serbaguna bukanlah tepung murni, juga tidak bebas gluten.

Ini bisa menjadi pengental yang efektif, tetapi diperlukan jumlah lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama seperti tepung maizena.

Guna menghindari gumpalan saat mengentalkan masakan dengan tepung ini, Hudson menyarankan mencampurnya dengan sedikit air terlebih dahulu untuk membentuk pasta.

Apabila kita ingin memasak saus, rebusan, dan lainnya, diperlukan waktu ekstra selama dua hingga tiga menit untuk menghilangkan rasa tepung "mentah".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.