Kompas.com - 19/07/2021, 10:31 WIB
Ilustrasi pasangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.

KOMPAS.com – Mempertahankan hubungan yang bisa membuat kedua pihak merasa nyaman memang tak mudah.  Terkadang, karena ingin hubungan bertahan , kita tidak menyadari tanda-tanda bahaya yang diberikan pasangan.

Misalnya, dia sebenarnya terlalu mengontrol kita. Namun, kita selalu menerimanya karena merasa “tidak ada orang yang sempurna di dunia ini.”

Untuk itu, kita perlu tahu apa saja tanda bahwa si dia bukanlah pasangan terbaik untuk kita.
Berikut ini sepuluh tandanya, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Tidak memiliki pemahaman hidup yang sama

Salah satu dari lima pelajaran hidup yang terlalu terlambat kita pelajari adalah menghargai hal yang sama dengan pasangan.

Karena itu pakar hubungan Gary Brown, PhD menyarankan agar kita membuat semacam daftar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak hal yang bisa diisi dalam daftar ini, seperti cara mencapai kesuksesan, batasan dalam berteman, pola asuh yang ingin diterapkan, hingga kesepakatan dalam hal mengatur keuangan.

Tegaskan sejak awal bahwa batasan itu tidak bisa dinegosiasi. Hal lain bisa dinegosiasi seperti mendekorasi rumah, tempat liburan, atau tipe mobil.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Hidup Bahagia Bersama Pasangan

Kita bersaing dengan gadget

Apakah pasangan menghabiskan waktu makan malam atau menonton bioskop dengan melihat ponsel sampai-sampai membuat kita merasa sendirian?

Jika iya, Brown mengungkapkan kalau pasangan mungkin tidak bisa berkomunikasi dengan kita dan orang lain. Artinya, pasangan mengalami salah satu dari 12 gejala orang narsis.

“Orang yang sibuk dengan dirinya sendiri biasanya adalah orang yang narsis dan hanya ingin memanjakan dirinya sendiri. Mereka cenderung mengutamakan diri mereka sendiri, bukan membuat pasangannya senang,” kata dia.

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Kencan dengan Orang Narsis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.