Kompas.com - 19/07/2021, 15:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Usia yang semakin bertambah memang dapat menyebabkan banyaknya perubahan pada tubuh kita, tanpa kecuali.

Bila telinga manusia terus tumbuh seiring usia, maka organ reproduksi seperti penis dan testis justru mengalami penyusutan.

"Jika penis pria yang ereksi panjangnya 15 cm ketika dia berusia 30-an, itu mungkin akan menyusut menjadi 12 cm ketika pria tersebut mencapai usia 60-an atau 70-an," kata Irwin Goldstein, ahli urologi di San Diego, Amerika Serikat.

Penis akan makin terlihat lebih kecil bila seseorang kelebihan berat badan, masalah yang cenderung dimiliki oleh pria ketika mereka lebih tua.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, produksi testosteron juga melambat, dan ini dapat memengaruhi ukuran dan fungsi testis dan penis.

Baca juga: Ukuran Penis Ternyata Bisa Menyusut, Ketahui 6 Penyebabnya

Kondisi lainnya terkait usia seperti arteriosklerosis (pembuluh darah tersumbat) juga dapat mengurangi aliran darah ke penis, dan membuatnya tampak lebih mungil dari sebelumnya.

Untunglah kondisi itu bisa sedikit diperlambat atau dikurangi dengan cara yang menyenangkan.

Dr. Edward Zimmerman, seorang dokter di Las Vegas, Amerika Serikat yang memiliki akun tiktok bernama @dickdocontiktok membagikan cara mencegah penyusutan atau kehilangan volume dan ketebalan penis.

"Penis menyusut seiring bertambahnya usia, seperti halnya kita kehilangan volume di wajah dan leher," jelas Dr Zimmerman kepada Buzzfeed.

"Di bagian tubuh bawah, kita pun akan kehilangan ketebalan dan panjangnya jika kita jarang menggunakannya,"

"Ini berarti kita sebaiknya lebih kerap menggunakannya atau akan kehilangannya."

Intinya, agar tidak mengalami penyusutan, kita perlu menggunakannya secara teratur dalam aktivitas seksual.

Baca juga: Apakah Ukuran Penis Benar-benar Penting?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.