Kompas.com - 21/07/2021, 10:09 WIB
Ilustrasi makan makanan sehat shutterstockIlustrasi makan makanan sehat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penting sekali bagi kita yang sudah berusia 60 tahun atau baru memasuki tahun-tahun emas untuk mengonsumsi makanan yang membantu menjaga kesehatan tubuh maupun pikiran kita.

Menurut ahli diet dari Eleat Sports Nutrition, Angie Asche MS, RD, CSSD, penyakit kardiovaskular berada di urutan teratas daftar masalah kesehatan untuk kelompok usia ini.

Meskipun mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk mencegah penyakit, aktivitas fisik juga harus diprioritaskan.

"Ini adalah waktu yang sangat penting untuk aktif secara fisik. Latihan kekuatan sangat penting untuk mengurangi efek sarkopenia dan menjaga tulang kita tetap kuat," terangnya.

"Sementara, berjalan dan berenang adalah kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung," sambung dia.

Namun, dalam hal pola makan, ada banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah penyakit kronis mulai dari penyakit jantung hingga osteoporosis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi daripada membuat daftar makanan tertentu, yang terbaik adalah memastikan kita mengonsumsi berbagai makanan dengan profil nutrisi yang beragam.

Nah, berikut adalah jenis-jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi setiap hari jika kita berusia di atas 60 tahun.

1. Makanan berprotein tinggi

Asche mengatakan bahwa seiring bertambahnya usia, total kebutuhan kalori atau energi kita menurun karena penurunan tingkat metabolisme istirahat kita.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X