Kompas.com - 21/07/2021, 11:04 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi. SHUTTERSTOCK/JARUN ONTAKRAIIlustrasi kolesterol tinggi.

KOMPAS.com - Sakit kepala memang bukan gejala khas suatu penyakit. Namun, sakit kepala sering kali dianggap sebagai gejala kolesterol tinggi oleh sebagian orang.

Apalagi jika gejala sakit kepala disertai badan pegal-pegal.

Namun, benarkah sakit kepala dan badan pegal gejala kolesterol tinggi?

Sayangnya, menurut American Heart Association (AHA), seperti dilansir Everyday Health, bagi kebanyakan orang, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Namun, ketika kondisi tersebut menyebabkan penumpukan plak di arteri jantung dan penyakit arteri koroner terjadi, gejala seperti angina, nyeri dada, aritmia, dan sesak napas mungkin akan muncul.

Adapun penyakit arteri koroner atau penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang paling umum. Namun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), banyak orang tak menunjukkan gejala sama sekali, kecuali sudah menderita serangan jantung.

Baca juga: 4 Penyebab Kolesterol Tinggi, Tak Cuma Makanan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak orang merasakan sakit kepala ketika kadar kolesterolnya naik.SHUTTERSTOCK/METAMORWORKS Banyak orang merasakan sakit kepala ketika kadar kolesterolnya naik.

Sementara itu, mengutip pemberitaan Kompas.com, (22/9/2021), sejumlah penderita mengakui mengalami sakit kepala saat kolesterol naik.

Menurut buku 100 Questions & Answers Kolesterol yang ditulis oleh Chairinniza K. Graha, kadar kolesterol tinggi menyebabkan darah yang banyak mengandung lemak jadi mengental.

Kondisi itu menyebabkan lemak menumpuk di dinding pembuluh darah dan menghambat kelancaran aliran darah.

Selain itu, penumpukan lemak di pembuluh darah juga dapat menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X