Kompas.com - 21/07/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi belajar bahasa shutterstockIlustrasi belajar bahasa
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Bicara soal mempelajari bahasa baru, nampaknya peribahasa “Alah bisa karena biasa” nampaknya benar-benar berlaku.

Pasalnya, sebuah penelitian yang berfokus pada bagaimana bahasa bisa menempel di otak menemukan bahwa.

Mengutip Science Daily, penelitian yang dilakukan oleh Lilli Kimppa dari University of Helsinki tersebut memantau cara otak kita merespons kata-kata baru dalam periode pemaparan yang singkat.

Dalam penelitiannya, Kimppa menggaet beberapa sukarelawan berbahasa Finlandia dan mengukur respons saraf para relawan dengan electroencephalography (EEG) selama mengerjakan tugas lisan yang menyertakan kata-kata berulang dalam bahasa asli Finlandia dan bahasa non-asli mereka.

Kata-kata diberikan hanya selama 30 menit saja dan dalam dua kondisi tertentu, yaitu harus mendengarkan kata-kata itu secara pasif, atau ikut mengulangnya.

Peningkatan kondisi otak terhadap kata-kata baru tersebut juga diteliti dalam kondisi mendengarkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam simpulan penelitian, ditemukan bahwa kata-kata yang cepat dan berulang menunjukkan respons lebih baik. Artinya, orang yang ikut mengulamg kata tersebut akan lebih mudah mengingat bahasa baru.

Baca juga: Cara Paling Gampang Belajar Bahasa Asing

“Tidak seperti respons pada kata-kata yang telah diketahui, kata-kata baru menunjukkan adanya peningkatan kondisi otak di antara awal dan akhir paparan pada korteks frontal dan temporal kiri, yang ditafsirkan sebagai penumpukan sirkuit memori saraf,” kata Kimppa.

“Magnitudo peningkatan kondisi otak ini memiliki korelasi terhadap seberapa baik para peserta mengingat kata-kata baru setelah itu,” tambah Kimppa.

Melalui penelitiannya, Kimppa berhasil menelusuri bagaimana latar belakang bahasa para relawan dapat mempengaruhi formasi jejak memori dan proses mengingat mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X