Kompas.com - 22/07/2021, 08:16 WIB
Ilustrasi vaksinasi. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi vaksinasi.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kemunculan orang-orang dengan klaim bahwa mereka antivaksin — terutama yang menolak vaksin karena menerima informasi yang tidak benar (hoax) — bisa semakin memperburuk situasi pandemi.

"Orang-orang yang tidak mau divaksin adalah orang-orang yang akan membuat pandemi ini terus berlanjut," kata profesor epidemiologi di UNLV School of Public Health, Brian Labus, PhD.

Alasannya, orang yang tidak divaksin akan membuat virus lebih mudah bermutasi menjadi makin berbahaya bila menjangkitinya. 

Orang-orang yang tidak divaksin ini sangat berisiko menyebarkan virus corona varian baru hasil mutasi.

Itulah mengapa, wilayah atau negara yang tingkat vaksinasinya rendah bisa menjadi tempat-tempat dengan jumlah kasus dan rawat inap baru Covid-19 tertinggi.

"Semakin banyak orang yang terinfeksi virus, maka akan lebih hebat virus itu menginfeksi orang," jelas seorang profesor biologi di Stanford University, Erin Mordecai, PhD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mordecai juga menambahkan bahwa setiap infeksi baru itu sama dengan tiket lotre yang dibeli oleh virus.

Jika terjadi lebih banyak infeksi, berarti lebih banyak peluang virus untuk menang sehingga mampu menembus efektivitas vaksin.

Baca juga: Waspada, Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Lebih Menular dari Sebelumnya

Tidak semua orang bisa mengakses vaksin

Saat ini, varian delta yang paling mendominasi di berbagai negara. Varian yang pertama kali ditemukan di India itu 60 persen lebih menular.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X