Kompas.com - 22/07/2021, 09:02 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah kesehatan pencernaan bisa menjadi salah satu hambatan dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu, makanan yang sulit dicerna bisa menyebabkan penyerapan nutrisi yang buruk di dalam tubuh.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kita harus lebih cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa makanan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

1. Sayuran kaya serat dan antioksidan

Ilustrasi bayam. sayur bayam Freepik/Racool Studio Ilustrasi bayam. sayur bayam
Semua sayuran baik untuk tubuh karena tinggi vitamin, fitonutrien, antioksidan, dan serat yang umumnya juga rendah kalori, serta rendah lemak.

Tetapi varietas tertentu memang mengandung FODMAP atau karbohidrat rantai pendek, sehingga memperburuk usus dan sulit untuk dicerna bagi sebagian orang.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita berfokus pada sayuran rendah FODMAP, terutama yang kaya akan magnesium, anti-inflamasi, dan mineral penting lainnya.

Adapun kita bisa menemukannya dalam sayuran berdaun hijau (kangkung, bayam), paprika, mentimun, terong, tomat, dan kentang.

Baca juga: Kale vs Bayam, Mana yang Paling Baik Untuk Kesehatan Jantung?

2. Sayuran yang difermentasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.