Kompas.com - 22/07/2021, 09:58 WIB
Ilustrasi pasien dengan long covid. FREEPIK/PROSTOOLEHIlustrasi pasien dengan long covid.

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 dari virus SARS-CoV2 memberi dampak keparahan yang berbeda pada setiap orang.

Kebanyakan individu yang hanya mengalami gejala ringan ke sedang biasanya dapat pulih dalam dua atau tiga minggu sejak gejala awal.

Namun, sejumlah individu mengalami gejala yang berkepanjangan atau dikenal dengan long covid. Gejala tersebut dapat terjadi hingga lebih dari empat minggu sejak gejala awal muncul.

Mengutip Medical News Today, beberapa gejala long covid yang umum terjadi seperti kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, hingga depresi.

Risiko long covid kemungkinan dapat kita prediksi sejak awal lewat berbagai faktor.

Kelompok studi The Therapies for long COVID (TLC) dari University of Birmingham di Inggris menganalisa 27 studi yang telah diterbitkan sebelumnya dan membahas tentang long covid. Tinjauan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang gejala long covid yang paling umum terjadi dan wawasan tentang faktor prediksi kondisi tersebut.

Para peneliti juga meninjau literatur untuk mengidentifikasi komplikasi terkait long covid dan manajemen perawatan untuk individu dengan long covid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rekan penulis studi sekaligus rekan pemimpin kelompok studi TLC, Dr Shamil Haroon mengatakan, tinjauan sistematis ini memungkinkan mereka menggabungkan hasil-hasil penelitian sebelumnya terkait long covid untuk menemukan perkiraan prevalensi gejala yang paling umum terjadi pada pasien dengan long covid.

"Kami menggunakan ini untuk mengembangkan kuisioner yang secara holistik dapat menilai berbagai gejala yang berpotensi berkaitan dengan long covid sambil memberikan ukuran objektif tentang gejala long covid dan dampaknya terhadap kehidupan seseorang," katanya.

Baca juga: Pasien dengan Long Covid, Masihkah Tularkan Virus?

 

Gejala dan prediktor

Para peneliti menemukan, kelelahan, kesulitan bernapas, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, hingga kehilangan penciuman dan perasa adalah gejala-gejala paling umum selama pasien Covid-19 sakit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X