Kompas.com - 22/07/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah dan mengalami long covid. SHUTTERSTOCK/IREM01Ilustrasi isolasi mandiri di rumah dan mengalami long covid.

KOMPAS.com - Sejumlah pasien Covid-19 masih mengalami gejala berkepanjangan atau saat ini dikenal dengan istilah long covid.

Jika kebanyakan individu dengan gejala ringan ke sedang biasanya pulih dalam dua atau tiga minggu sejak gejala awal, segelintir individu dengan long covid masih bisa merasakan gejala hingga lebih dari empat minggu sejak gejala awal muncul.

Mengutip Medical News Today, beberapa gejala long covid yang umum terjadi seperti kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, hingga depresi.

Namun, banyak orang penasaran, apakah pasien dengan long covid masih menularkan virus?

Informasi terkait hal ini rupanya juga banyak dicari orang melalui mesin pencari, seperti Google, dengan kata kunci "long covid apakah menular". Bagaimana faktanya?

Long covid tak hanya dialami oleh sejumlah pasien Covid-19 di tanah air, tetapi juga pasien Covid-19 dari berbagai negara di dunia.

Menurut British Heart Foundation, long covid tidak menular. Gejala long covid disebabkan karena respons tubuh terhadap virus yang berlanjut, di luar penyakit awal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menghindari virus tertular ke orang lain, seseorang yang dinyatakan positif Covid-19 dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 10 hari jika tanpa gejala dan 10 hari ditambah tiga hari tanpa gejala jika menunjukkan gejala ringan.

Baca juga: Long Covid, Berapa Lama Bertahan dan Cara Mengatasinya

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu juga menegaskan bahwa long covid tidak menular.

"Harap dijadikan catatan bahwa mereka yang menderita long Covid-18 tidak akan menularkan gejala yang sama atau pun virus kepada mereka yang berada di sekitarnya," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, seperti dilansir situs covid19.go.id.

Belum lama ini, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 lainnya, Reisa Broto Asmoro juga menjelaskan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bersifat self-limiting disease.

Artinya, penyakit ini sebetulnya dapat sembuh sendiri setelah periode infeksi selesai.

Meski seseorang yang terinfeksi Covid-19 bisa mengalami gejala long covid, namun periode penularan sebetulnya tak sepanjang itu.

"Biasanya berlangsung 10-14 hari. Makanya kalau ada orang yang terinfeksi SARS CoV-2 ini dan mendapatkan hasil positif, diputuskan oleh dokter melakukan isolasi mandiri," kata Reisa. 

Baca juga: Isolasi Mandiri, Kapan Penderita Covid-19 Sudah Tak Tularkan Virus?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X