Kompas.com - 22/07/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi seseorang sedang menonton TV The Big SmokeIlustrasi seseorang sedang menonton TV

KOMPAS.com - Kecemasan, kesepian, dan juga mungkin rasa kehilangan, merupakan akibat dari pandemi yang sebelumnya tidak diantisipasi banyak orang. Kondisi ini membuat banyak orang butuh pelepasan rasa stres.

"Alkohol dan zat lain yang dapat membuat kita merasa baik pada saat itu sebenarnya dapat merusak tubuh kita dalam jangka panjang," kata neuropsikolog senior di Lenox Hill Hospital di New York, Brittany LeMonda, PhD.

Maka dari itu, dia sangat menyarankan agar kita dapat memilih beberapa strategi untuk menghadapi masa pandemi dengan cara-cara yang lebih sehat.

Adapun beberapa alternatif yang sehat dan non-alkohol untuk melepaskan stres atau rasa penat di masa pandemi dapat kita ketahui sebagai berikut, seperti yang dilansir dari laman The Healthy.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Mental Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

1. Bermain puzzle

Tak hanya alkohol, penjualan mainan puzzle di masa pandemi ini juga sedang melonjak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada awal April, beberapa produk puzzle benar-benar terjual habis dan satu perusahaan melaporkan peningkatan penjualan sebesar 370 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut seorang profesor di Toronto University, Marcel Danesi, ada banyak alasan yang mendasarinya. Salah satunya adalah puzzle bisa memberi kita rasa kontrol menghadapi situasi pandemi ini

Bermain puzzle juga menjadi pengalih perhatian dari dunia nyata yang sedang kacau dan membuat pikiran, serta tubuh bekerja bersama-sama.

Ketika kepala dan tangan kita menyatukan potongan-potongan puzzle, kebingungan dan ketidakpastian akan masa pandemi surut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.