Kompas.com - 22/07/2021, 17:31 WIB
Ilustrasi kehilangan, berduka, perempuan menangis. SHUTTERSTOCK/CHEPKO DANIL VITALEVICHIlustrasi kehilangan, berduka, perempuan menangis.

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah menangis, baik karena menonton film yang menyedihkan, ditinggal orang yang disayangi, atau ketika rasa stres datang.

Meski demikian, menangis ternyata memiliki banyak manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh secara fisik maupun mental.

Oleh sebab itu, jika sedang merasa sedih atau tertekan dan ingin sekali menangis, maka kita harus benar-benar meluapkannya agar terasa lebih lega.

Baca juga: Jangan Sepelekan Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat menangis bagi tubuh dan pikiran yang perlu kita ketahui

1. Meredakan stres

Manusia adalah satu-satunya spesies yang menangis karena emosi. Tetapi, para ilmuwan masih belum tahu persis bagaimana tindakan fisik menangis terhubung dengan perasaan.

Tetapi menangis memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu meredakan stres dan ketegangan fisik karena merasa kesal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tampaknya menangis dimulai tepat setelah puncak gairah fisiologis, ketika aktivitas simpatik mulai berkurang dan aktivitas parasimpatis meningkat, sehingga membantu membawa tubuh kembali ke homeostasis."

Demikian penuturan asisten profesor psikiatri di University of Pittsburgh School of Medicine, Lauren Bylsma, PhD.

Dengan kata lain, menangis terjadi saat tubuh kita kembali dari keadaan terangsang, seperti "berkelahi atau lari" ke keadaan tenang "istirahat dan cerna".

2. Suasana hati menjadi lebih baik

Seorang profesor psikologi di University of South Florida, Jonathan Rottenberg, PhD mengatakan, dalam sebuah survei, sekitar dua pertiga orang umumnya merasa lebih baik setelah menangis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X