Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Suplemen Penting untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Kompas.com - 22/07/2021, 20:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini semua orang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Untuk itu, kita sangat dianjurkan menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik dan melakukan vaksinasi.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dari dalam dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui makanan, olahraga, dan tentunya tambahan multivitamin atau suplemen.

"Menambahkan suplemen ke dalam rutinitas sehari-hari dapat mencegah penularan virus bagi yang belum terinfeksi Covid-19. Namun juga dapat mempercepat penyembuhan bagi yang sudah terinfeksi."

Demikian penuturan dokter spesialis penyakit dalam, Dr Tities A. Indra, SpPD saat virtual press conference bersama Hemaviton, Kamis (22/7/2021).

Meski sumber vitamin dapat kita temui secara alami pada beberapa makanan, tetapi menurut Tities, makanan saja tidak cukup memberikan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin Penting Saat Isoman, Bisa dari Makanan Alami

Tities menjelaskan bahwa ada banyak vitamin yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini. Tetapi dia hanya merekomendasikan tiga suplemen vitamin penting yang bisa dikonsumsi.

Adapun tiga suplemen penting tersebut dapat kita ketahui lebih lanjut sebagai berikut ini.

1. Vitamin C

Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat antara lain menurunkan inflamasi dari kandungan antioksidan, memengaruhi imunitas seluler, hingga mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki sel tubuh.

"Pada kondisi pasien Covid-19, pemberian suplemen vitamin C dapat meredakan inflamasi, stres oksidatif, sepsis, dan meningkatkan imunitas," terangnya.

Baca juga: Ketahui 2 Tanda Bahaya Pasien Isoman, Segera Bawa ke Rumah Sakit!

Dalam sebuah studi China tahun 2020 pemberian vitamin C dosis tinggi pada pasien Covid-19 berat dapat menurunkan penanda inflamasi, memperbaiki kadar O2, dan kegagalan organ.

Sementara itu, studi di Amerika tahun 2020 menunjukkan bahwa pemberian vitamin C menurunkan angka kematian pada pasien-pasien Covid-19 dengan pneumonia yang membutuhkan ventilator.

Tities pun menganjurkan agar dapat mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis 500-100 mg per hari bagi orang dewasa.

Untuk sumber alami vitamin C, kita juga bisa mendapatkannya lewat beberapa jenis buah dan sayuran seperti jeruk, melon, mangga, anggur, tomat, semangka, brokoli, kol, dan sawi.

Baca juga: Tips Serap Vitamin C dan Zinc secara Maksimal dari Makanan

2. Vitamin D

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com