Kompas.com - 22/07/2021, 20:12 WIB
Ilustrasi mendengarkan musik shutterstockIlustrasi mendengarkan musik

KOMPAS.com – Menonton konser musik dari penyanyi favorit atau pun mendengar sebuah lagu yang indah memang membawa perasaan tersendiri. Terkadang tiba-tiba kita merasa merinding karena keindahan harmonisasi dari musik yang kita dengar tersebut. 

Mengapa ini terjadi pada beberapa orang saja dan tidak pada semuanya?

Mengutip The Healthy, sebuah studi Akademik Oxford berusaha untuk memahami fenomena ini, dan para peneliti menemukan bahwa itu ada hubungannya dengan struktur otak.

Jika lagu yang bagus membuat kita merinding, kemungkinan karena korteks pendengaran otak (yang memproses informasi yang didengar) dan pusat pemrosesan emosi otak kita memiliki lebih banyak serat yang menghubungkannya daripada rata-rata orang lainnya.

Baca juga: 12 Manfaat Menyenangkan Jadi Pencinta Musik

Ini artinya, otak kita mampu menjangkau emosi yang lebih luas dan lebih intens daripada orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, Matthew Sachs yang merupakan penulis studi ini berpikir informasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dia berharap bahwa "pengungkapan" ini dapat berdampak pada pengobatan gangguan depresi, dan musik dapat membantu mengobati orang dengan depresi atau, paling tidak, membantu mereka mengakses perasaan positif dengan lebih baik.

Seperti yang diketahui, sains telah membuktikan bahwa musik dapat secara instan membuat kita lebih bahagia.

Jadi, reaksi fisik kita terhadap lagu Adele yang menyayat hati berarti bahwa lagu tersebut sangat selaras dengan emosi kita. 

Baca juga: Selalu Terngiang Lagu di Kepala Bermanfaat untuk Daya Ingat



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.