Kompas.com - 23/07/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi kesepian LewisTsePuiLungIlustrasi kesepian
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com – Mungkin, kita berpikir bahwa kita sudah siap untuk melupakan mantan. Sayangnya, bayangan tentang dia selalu ada dalam pikiran.

Namun jangan khawatir, menurut Sanam Hafeez, MD, neuropsikolog dari Columbia University di New York, sulit melupakan seseorang itu normal.

Penyebab sulit melupakan seseorang juga beragam. Misalnya, karena manusia membutuhkan hubungan, seperti dikatakan Paul Hokemeyer, seorang psikoterapis di New York dan pengarang dari Fragile Power.

Ada juga penyebab lainnya, seperti emosi yang campur aduk, masalah-masalah yang belum terselesaikan, hingga kesepian.

Seberapa sulit kita melupakan seseorang juga dapat diukur. Menurut Jane Greer, terapis pernikahan dan keluarga di New York, hal ini bergantung dari apa makna mereka dalam hidup kita.

Baca juga: 4 Kiat Cepat Move On Setelah Putus Cinta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun meski sulit, ada beberapa langkah untuk melupakan seseorang. Berikut daftarnya.

Ingatkan diri

Ingatkan diri bahwa suatu hubungan tidak sekedar memerlukan cinta, namun juga hal lain. Dan ketika hubungan berakhir, bukan berarti kita kehilangan cinta.

“Jadi, berhenti menyalahkan diri sendiri karena terus memikirkan mereka. Suatu saat kita pasti akan berhasil melupakannya,” kata Dr. Hafeez.

“Perlu diketahui, jika kita terlalu berusahan untuk melupakan seseorang, kita justru akan makin sulit melupakan mereka,” tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.