Kompas.com - 23/07/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi anak pra-remaja shutterstockIlustrasi anak pra-remaja
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Anak usia pra-remaja biasanya memiliki satu sifat baru yang bikin orangtua pusing: kasar dan suka memberontak. Namun, sebenarnya hal itu normal.

Pasalnya, masa pra-remaja adalah transisi dari masa kanak-kanak menjadi seorang remaja dan sifat melawan yang tumbuh adalah bukti dari proses perubahan anak menjadi seorang remaja.

Anak dalam masa pra-remaja memang membawa pertumbuhan dan perubahan hormonal yang mengejutkan bagi orang dewasa.

Karena itu, tidak mengagetkan jika orangtua bingung saat melihat anak kecilnya mendadak berubah memasuki masa pubertas dan berusaha menghadapi semua kebingungan mereka.

Sementara itu, anak-anak pra-remaja mulai merasa selalu kesal pada orangtua mereka, mengubah minat mereka, dan lebih tertarik pada teman-temannya, film, dan semua yang terlihat “keren.”

Stacey dari The Soccer Mom Blog pun menjelaskan bahwa transisi ke masa pra-remaja bisa menjadi masa paling kacau bagi anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, Stacey menyarankan agar orangtua mengingat kembali masa pra-remaja mereka dan betapa brutalnya masa transisi kita.

Pasti kita akan merasa geli saat mengingat kecanggungan dan masalah yang kita alami dulu.

"Hormon kita berantakan, sekolah terasa makin sulit, anak-anak bisa menjadi kasar, dan terkadang kita merasa dunia melawan kita,” tulis Stacey.

Semua stressor ini juga ada pada anak kita. Sayangnya, melawan dan kasar adalah bagian dari ini.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.