Kompas.com - 23/07/2021, 13:06 WIB
ilustrasi telur PIXABAY/KERDKANNOilustrasi telur

KOMPAS.com - Telur merupakan bahan pangan yang sehat, murah, dan banyak disukai orang, entah itu disajikan sebagai lauk pauk atau pun untuk pembuatan kue. 

Jika kita sering menggunakan banyak telur untuk diolah, memecahkannya agak merepotkan tanpa membuatnya mengotori meja atau pun tangan.

Nah, berikut ini adalah rahasia pro memecahkan telur dengan benar dan tanpa repot. Ini dia tiga tekniknya yang dapat kita coba di rumah.

1. Pecahkan telur di atas meja

Cara melakukannya cukup mudah, bayangkan telur itu berdiri tegak. Bagian tengah telur adalah titik terlemahnya. Kita akan menargetkan area ini saat memecahkannya.

Pegang telur dengan lembut tapi kuat. Ketuk agak kuat di permukaan meja, sehingga sisinya mendarat tepat di permukaan. Namun jangan terlalu keras karena cangkangnya dapat hancur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah cangkangnya pecah, buka lubang untuk mengeluarkan telur. Gunakan ibu jari untuk menekan ke dalam dan memisahkan cangkang, lalu tuangkan isi telur ke dalam mangkuk.

Baca juga: Tips Menyimpan Telur agar Lebih Tahan Lama

2. Pukul dua telur bersamaan

Caranya pegang telur di masing-masing tangan. Ketuk telur bersama-sama (sekali lagi, ketuk di bagian tengahnya, tempat paling mudah untuk memecahkan telur). Lalu, satu telur akan pecah.

Seperti sebelumnya, gunakan jari kita untuk membelah kulit telur, lalu tuangkan kuning dan putihnya ke dalam mangkuk.

3. Memecahkan telur dengan satu tangan

Caranya, pertama-tama pegang telur di satu tangan. Posisikan jari-jari kita sehingga ibu jari dan jari telunjuk berada di satu sisi bagian tengah telur, lalu jari tengah dan jari manis berada di sisi lainnya, serta kelingking hanya bisa menggantung di ujung.

Dalam metode ini kita akan menarik tangan kita untuk membuka telur, jadi pegangan ini penting.

Pecahkan telur dengan tajam ke sisi mangkuk. Segera pisahkan cangkang telur menggunakan ibu jari dan jari tengah. Gunakan gerakan yang halus dan pasti, dan telur akan keluar dari cangkangnya.

Baca juga: Ketahui, Efek Buruk Telur Setengah Matang pada Bayi



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.