Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pentingnya Kualitas Udara yang Baik Saat Berolahraga

Kompas.com - 23/07/2021, 17:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kualitas udara yang baik di lingkungan tempat tinggal sangat penting untuk mendukung kesehatan kita. Termasuk ketika kita berolahraga.

Kualitas udara yang buruk ternyata juga memengaruhi performa kita dalam berolahraga.

Instruktur olahraga Deasy Noviyanti mengungkapkan, udara bersih saat berolahraga tak hanya memengaruhi kekuatan kita untuk menahan badan, tetapi juga mensinkronisasikan gerak tubuh, menjaga postur tubuh, dan performa olahraga secara keseluruhan.

"Itulah kenapa olahraga bukan hanya kuat-kuatan angkat berapa kilogram beban, tapi juga kemampuan menjaga postur tubuh, kordinasi. Semuanya dipengaruhi udara yang bersih juga."

Demikian diungkapkan Deasy dalam Airfree Virtual Launch, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Polusi Udara Memperburuk Penyebaran Virus Corona, Kata Ahli

Perempuan yang sehari-harinya melatih olahraga kardio seperti barre dan poundfit itu menambahkan, ketika berolahraga kita akan menghirup udara dari hidung dan mengeluarkannya lewat mulut, dengan kondisi mulut terbuka.

Hal itu menyebabkan karbon dioksida yang dibuang cenderung lebih banyak dan berkumpul di sekitar, apalagi jika kita berolahraga di dalam ruangan.

Padahal, di sisi lain kita memerlukan oksigen yang cukup untuk dibawa ke paru-paru.

Itulah mengapa, seseorang yang berolahraga di dalam ruangan pengap dan tak disertai ventilasi yang memadai cenderung lebih cepat lelah dan performa olahraganya tak maksimal.

Jika tidak memungkinkan menyediakan ventilasi yang memadai, menggunakan pembersih udara dapat membantu kita mendapatkan kualitas udara yang baik di dalam ruangan.

"Yang mau olahraga, pastikan sirkulasi udara baik, tidak pengap, bisa disertai air sterilizer untuk menyediakan udara bersih buat kita," kata Deasy.

Baca juga: Seberapa Efektif Alat Pembersih Udara?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com