Kompas.com - 23/07/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi berolahraga dalam ruangan. UNSPLASH/GEERT PIETERSIlustrasi berolahraga dalam ruangan.

KOMPAS.com - Kualitas udara yang baik di lingkungan tempat tinggal sangat penting untuk mendukung kesehatan kita. Termasuk ketika kita berolahraga.

Kualitas udara yang buruk ternyata juga memengaruhi performa kita dalam berolahraga.

Instruktur olahraga Deasy Noviyanti mengungkapkan, udara bersih saat berolahraga tak hanya memengaruhi kekuatan kita untuk menahan badan, tetapi juga mensinkronisasikan gerak tubuh, menjaga postur tubuh, dan performa olahraga secara keseluruhan.

"Itulah kenapa olahraga bukan hanya kuat-kuatan angkat berapa kilogram beban, tapi juga kemampuan menjaga postur tubuh, kordinasi. Semuanya dipengaruhi udara yang bersih juga."

Demikian diungkapkan Deasy dalam Airfree Virtual Launch, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Polusi Udara Memperburuk Penyebaran Virus Corona, Kata Ahli

Perempuan yang sehari-harinya melatih olahraga kardio seperti barre dan poundfit itu menambahkan, ketika berolahraga kita akan menghirup udara dari hidung dan mengeluarkannya lewat mulut, dengan kondisi mulut terbuka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu menyebabkan karbon dioksida yang dibuang cenderung lebih banyak dan berkumpul di sekitar, apalagi jika kita berolahraga di dalam ruangan.

Padahal, di sisi lain kita memerlukan oksigen yang cukup untuk dibawa ke paru-paru.

Itulah mengapa, seseorang yang berolahraga di dalam ruangan pengap dan tak disertai ventilasi yang memadai cenderung lebih cepat lelah dan performa olahraganya tak maksimal.

Jika tidak memungkinkan menyediakan ventilasi yang memadai, menggunakan pembersih udara dapat membantu kita mendapatkan kualitas udara yang baik di dalam ruangan.

"Yang mau olahraga, pastikan sirkulasi udara baik, tidak pengap, bisa disertai air sterilizer untuk menyediakan udara bersih buat kita," kata Deasy.

Baca juga: Seberapa Efektif Alat Pembersih Udara?

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.