Kompas.com - 23/07/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Masih maraknya kasus pelecehan dan kekerasan seksual pada anak di Indonesia membuat orangtua harus selalu waspada.

Selain melindungi anak secara langsung, orangtua juga harus menanamkan pemikiran pada anak bahwa dirinya berharga dan tidak boleh disentuh sembarang orang sejak dini.

Ada beberapa langkah yang perlu diingat oleh orangtua dalam menamakan pemikiran anti kekerasan seksual pada anak, berikut ini.

Mengatakan tidak (No)

Pertama, orangtua harus mengajarkan agar anak mampu mengatakan tidak pada orang-orang yang menyentuh mereka.

Namun untuk mendidik agar anak bisa mengatakan tidak, anak harus paham mekanisme melawan aksi kekerasan seksual.

“Ini agak sulit karena kekerasan seksual itu biasanya dilakukan oleh orang terdekat. Jadi, anak seringkali tidak sadar,” ucap Hari Sadewo dari Child’s Rights Advisor Plan Indonesia dalam webinar No! Go! Tell! di Sekolah pada Jumat (23/7/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun Hari mengatakan, di sinilah peran orangtua dibutuhkan. Orangtua harus membuat anak memahami bahwa sedekekat apapun seseorang pada anak, jika dia menyentuh tubuh anak sembarangan atau mengucapkan kata yang tidak pantas, anak harus menjauh.

Anak sendiri harus tahu tentang perlakuan yang melanggar norma, sehingga anak bisa mengatakan tidak. Kalau dia tidak punya konsep pelanggaran kriminal, anak pasti akan diam saja, dan dalam pikirannya dia mengatakan ‘oh tidak apa-apa’” kata Hari.

“Coba pelan-pelan saja, misalnya bilang, ‘Ingat ya, kalau om atau Pak Guru pegang-pegang di sini atau di sini, kamu harus bilang ‘jangan’” tambah Hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.