Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2021, 05:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Secangkir kopi hangat di pagi hari membantu kita lebih segar dan siap beraktivitas.

Tapi, jika kita termasuk segelintir orang yang hobi ngopi segera setelah bangun tidur, beberapa penelitian menemukan ternyata itu bukanlah waktu terbaik untuk minum kopi.

Melansir The Healthy, saat bangun di pagi hari tubuh kita pada umumnya tinggi akan kortisol, hormon stres yang membuat kita merasa waspada.

Karena kadar kortisol berada pada puncaknya, minum kopi lebih di awal hari dapat menurunkan efek vitalitas dari kafein.

Lalu, bagaimana jika kita ingin ngopi di pagi hari?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kopi, beberapa ahli merekomendasikan untuk meminum kopi di pertengahan pagi dan siang hari. Misalnya, 3-4 jam setelah kita bangun tidur.

Pakar kesehatan wanita, penulis She-ology, The She-qual dan pendiri brand suplemen hormon wanita She-ology, Sherry A. Ross, MD memahami, sebagian peminum kopi membutuhkan efek stimulasi kafein di pagi hari untuk memulai hari.

Ia menjelaskan, dipertengahan pagi dan siang tubuh sedang kekurangan kortisol dan sangat membutuhkan peningkatan yang baik, salah satunya lewat kafein pada kopi.

Sementara, minum kafein ketika kortisol sedang tinggi malah akan mengurangi efek energi kafein.

"Studi yang mendukung ini memang tidak konsisten, tetapi diperkirakan bahwa lebih baik menunggu hingga pertengahan pagi atau saat kadar kortisol lebih rendah, karena kafein dapat meningkatkan kortisol untuk kemudian hari."

"Minum kafein di pagi hari ketika kadar kortisol lebih tinggi akan mengurangi efek energi kafein. Pilihan ada di tangan kita karena studinya tidak konsisten," kata Ross.

Menurut sebuah penelitian kecil, seperti dilansir Greatist, kortisol membantu kita untuk tetap waspada dan fokus, serta mengatur metabolisme tubuh, respons sistem kekebalan tubuh, dan tekanan darah.

Setiap pagi, kadar kortisol kita akan naik secara alami dan mencapai puncaknya sekitar 30 menit setelah bangun tidur.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita. Alih-alih memberikan efek menyegarkan, minum kopi di waktu tersebut malah bisa meningkatkan efek berbahayanya.

Mengubah ritual minum kopi di pagi hari seperti yang dianjurkan akan membuat kita merasakan energi yang lebih tahan lama.

Baca juga: Ketahui 3 Dampak Buruk Minum Kopi Sebelum Makan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com