Kompas.com - 27/07/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi anak bermain gadget techcrunch.comIlustrasi anak bermain gadget
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meningkatnya rutinitas screen time atau waktu menatap layar pada anak-anak di masa pandemi Covid-19 menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan.

Apalagi, tak semua orangtua dapat benar-benar mengawasi anak-anak mereka karena juga disibukan dengan berbagai macam pekerjaan, meski tetap bekerja dari rumah.

Sebuah studi baru yang dilakukan Uswitch pun mengungkapkan berapa banyak screen time yang dihabiskan oleh anak-anak di Amerika Serikat (AS) selama masa pandemi ini.

Penelitian menemukan bahwa secara umum, orang-orang di AS menghabiskan rata-rata 325 jam setiap tahun untuk membuka Facebook atau media sosial lain dan menonton televisi pada saat yang sama.

Nah, pada generasi yang lebih muda yakni anak-anak dan remaja, penelitian ini menunjukkan bahwa generasi Z menghabiskan rata-rata sembilan jam setiap harinya untuk screen time.

Screen time yang dimaksud sudah mencakup penggunaan televisi, video game, smartphone, dan tablet.

Untuk lebih spesifik, penelitian ini menemukan bahwa anak-anak antara usia lima dan 16 tahun menghabiskan rata-rata sembilan jam setiap hari di depan layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut juga mengungkapkan bagaimana anak remaja menghabiskan lebih sedikit waktu menonton televisi dengan cara yang tradisional karena mereka beralih menontonnya di smartphone.

Selain itu, penggunaan aplikasi media sosial lainnya seperti TikTok dan Instagram juga menjadi lebih populer di kalangan anak muda karena mereka perlahan mulai meninggalkan Facebook.

Alasan utamanya adalah bahwa Facebook merupakan tempat online atau media sosial yang identik dengan para orangtua.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.