Kompas.com - 27/07/2021, 10:06 WIB
Ilustrasi ketakutan dcdpIlustrasi ketakutan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika kita merasa cemas, tubuh kita merespon dengan cara fisik, seperti telapak tangan berkeringat, gemetar, bahkan sakit perut.

Tidak jarang pula kita merasakan dada berdebar-debar dengan detak jantung meningkat. Keadaan seperti ini disebut palpitasi jantung.

“Saat beristirahat, biasanya kita tidak merasakan atau menyadari jantung kita berdetak,” kata John Bibawy, MD, ahli elektrofisiologi jantung.

“Ketika kita bisa merasakan detak jantung, berarti kita mengalami palpitasi. Terkadang ini terjadi saat berolahraga. Tapi bisa juga jantung berdebar tanpa aktivitas fisik.”

Beberapa orang merasakan palpitasi hingga dada, leher atau tenggorokan, dan ini terasa seperti jantung berdebar-debar, menghentak-hentak, berpacu, bahkan seakan akan meloncat.

Baca juga: Apa Artinya Jika Jantung Berdebar Disertai Cemas dan Sesak Napas?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apakah kecemasan menyebabkan jantung berdebar kencang?

Rupanya jantung berdebar juga kerap dirasakan saat seseorang mengalami kecemasan.

Perasaan cemas melibatkan respon "hadapi-atau-lari", dan memicu serangkaian peristiwa di tubuh, termasuk pelepasan hormon tertentu.

Para ahli percaya bahwa respon ini sangat membantu dalam peradaban kuno ketika manusia harus berjuang atau lari dari ancaman untuk bertahan hidup.

Di kehidupan modern, respon "hadapi-atau-lari" ini juga muncul, misalnya saat kita harus melakukan presentasi atau bertemu calon mertua. Hormon-hormon yang sama, seperti adrenalin ikut aktif menghadapi "ancaman" baru ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.