Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Banyak Anak yang Dapat Mencapai Cita-cita Masa Kecilnya, Mengapa?

Kompas.com - 27/07/2021, 13:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Apa cita-citamu di waktu kecil? Apakah sekarang kamu mendapatkannya? Jika tidak, kamu tak sendiri, banyak orang lain mengalami hal yang sama.

Ketika anak-anak masih kecil, orangtua umumnya akan terus-menerus memberitahu mereka agar memiliki cita-cita setinggi langit dan berusaha keras jika ingin menggapainya.

Selain itu, orangtua juga kerap mendorong dan menginspirasi anak-anak untuk sebisa mungkin menjadi yang terbaik.

Namun, sayangnya, sangat sedikit pemikiran tentang seberapa banyak anak yang dapat tumbuh menjadi seperti apa yang mereka impikan ketika masih kecil.

Menurut Study Finds, sebuah studi baru yang dipimpin oleh asisten profesor psikologi di University of Houston, Kevin Hoff, menunjukkan bahwa jarang sekali ada anak-anak yang dapat tumbuh untuk memenuhi cita-cita masa kecil mereka.

Hoff juga menemukan, hampir setengah dari semua remaja di Amerika Serikat (AS) memilih berkarir di dunia sains atau artistik, tetapi yang bisa mencapainya di masa dewasa hanya 8 persen dari pasar tenaga kerja.

Artinya, tidak semua anak dapat tumbuh untuk mencapai cita-cita mereka.

Baca juga: Menggali Diri untuk Menemukan Passion

Untuk melengkapi studi ini, dia juga mengamati lebih dari 3.000 remaja berusia antara 13-18 tahun.

"Hasil studi memperlihatkan bahwa anak-anak memimpikan karir yang tidak memiliki potensi besar ketika mereka benar-benar ingin mencapainya," katanya.

"Mereka juga memimpikan pekerjaan yang tidak tersedia. Jadi, bahkan jika seorang anak tumbuh untuk lebih meniti karir ini, peluang tidak akan tersedia untuknya," lanjut dia.

Para peneliti pun merinci studi berdasarkan jenis kelamin, dan mereka menemukan bahwa anak perempuan lebih cenderung bercita-cita menjadi dokter, guru, atau perawat.

Sementara kebanyakan anak laki-laki di AS sangat bermimpi untuk menjadi atlet profesional ketika mereka sudah dewasa.

Namun studi ini menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, kesukaan anak-anak akan berubah dan itu dapat memengaruhi minat mereka pada cita-cita impian di masa kecil.

Sebab, semakin dewasa, mereka pun mulai memiliki pandangan yang lebih realistis tentang dunia di sekitarnya dan apa yang dapat mereka capai secara wajar.

Hal ini dipengaruhi prestasi akademik atau kemampuan finansial untuk melanjutkan sekolah yang dibutuhkan untuk menggapai cita-cita mereka itu.

Oleh karenanya, para peneliti pun memberikan saran agar orangtua dapat membantu membimbing anak-anak ke tujuan yang realistis berdasarkan minat dan tujuan spesifik mereka.

Baca juga: Berapa Banyak Orang yang Bekerja Sesuai Cita-cita?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com