Kompas.com - 27/07/2021, 13:36 WIB
Ilustrasi anak usia dua tahun sedang bermain Dok. ShutterstockIlustrasi anak usia dua tahun sedang bermain

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu terkagum-kagum melihat pertumbuhan anak-anaknya. Terlebih, ketika si kecil terus menunjukkan kemampuannya secara progresif.

Dari yang semula sebagai bayi kecil yang tidur nyenyak dalam dekapan, tanpa terasa buah hati tumbuh menjadi anak usia 2 tahun yang aktif.

Pada usia tersebut, orangtua mulai merasakan lelahnya mengasuh anak. Pasalnya, di usianya yang kedua, si kecil sudah aktif berjalan bahkan bisa bermain keliling ruang tamu sambil berlari kecil.

Selain itu, orangtua juga mulai khawatir saat buah hati sudah bisa berjinjit, memanjat kursi, naik ke jendela, dan menarik benda-benda apa pun yang ada di atas meja.

Baca juga: Tanda-tanda Growht Spurt pada Bayi

Itu artinya, aspek motorik anak berkembang dengan baik. Tembok rumah yang semula berwarna putih pun kerap jadi sasaran untuk dicoret-coret menggunakan spidol atau krayon.

Singkatnya, anak usia 2 tahun menunjukkan banyak keinginan dan kemauan untuk belajar serta melakukan segala sesuatunya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, demi mendukung tumbuh kembang si kecil agar lebih optimal, orangtua perlu memilih permainan yang tepat sesuai tahapan usia anak.

Lantas, permainan apa yang bermanfaat untuk si kecil di usia dua tahun untuk mendukung tumbuh kembangnya?

Baca juga: Waspadai Keterlambatan Motorik, Yuk, Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Berikut Kompas.com rangkung jenis mainan berdasarkan fungsinya untuk anak usia 2 tahun.

Mainan untuk memecahkan masalah

Meski anak masih berusia di bawah lima tahun (balita), orangtua dapat memberikan mainan yang membantu perkembangan anak untuk dapat memecahkan masalah.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.