Kompas.com - 28/07/2021, 09:44 WIB
Ilustrasi hepatitis. SHUTTERSTOCK/JARUN ONTAKRAIIlustrasi hepatitis.

KOMPAS.com - Hari ini, 28 Juli 2021, adalah peringatan Hari Hepatitis Sedunia. Pada tanggal 28 Juli, orang-orang dari berbagai belahan dunia mengambil aksi dan meningkatkan kepedulian terhadap hepatitis.

Apa saja yang perlu kita ketahui tentang peringatan ini?

1. Lima virus utama hepatitis

Melansir laman Aliansi Hepatitis Dunia, hepatitis adalah peradangan hati yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus.

Ada lima virus utama hepatitis yang disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E. Kelima jenis virus ini paling mengkhawatirkan karena beban penyakit dan kematian yang ditimbulkannya serta potensi wabah dan penyebaran epidemi.

2. Hepatitis masalah kesehatan global

Hepatitis adalah masalah kesehatan yang menjadi perhatian global.

Hepatitis B dan C kronis adalah penyakit menular yang mengancam jiwa karena menyebabkan kerusakan hati yang serius, kanker, dan kematian dini.

Lebih dari 300 juta orang di dunia hidup dengan virus hepatitis B atau virus hepatitis C.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hepatitis B dan C adalah epidemi diam (silent epidemics) yang menyerang anak-anak dan populasi terpinggirkan, termasuk pengguna narkoba jarum suntik, Masyarakat Adat, tahanan, laki-laki yang berhubungan seks sesama jenis, migran, hingga orang yang hidup dengan HIV/AID.

Secara global, sebanyak 90 persen orang yang hidup dengan hepatitis B dan 80 persen yang hidup dengan hepatitis C tidak menyadari bahwa mereka hidup dengan penyakit tersebut.

Hal itu memungkinkan mereka mengembangkan penyakit hati yang fatal atau kanker hati dalam hidup mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.