Kompas.com - 28/07/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi orangtua mengawasi anak bermain saat menggunaka internet. iStock/MesquitaFMSIlustrasi orangtua mengawasi anak bermain saat menggunaka internet.

KOMPAS.com - Setiap orangtua pasti ingin dapat melakukan semua hal yang tepat dan baik bagi anak-anak mereka. Namun, saat melakukannya. tanpa sadar kita justru melupakan kepentingan anak.

Jika ini yang terjadi, bisa saja kita terjun menjadi orangtua yang toksik. Hal ini bisa terjadi mungkin karena kita pun dulu dibesarkan dengan cara yang sama sehingga tanpa sadar mengulanginya ke anak.

Perilaku pengasuhan yang toksik sangat memengaruhi kehidupan anak-anak saat mereka tumbuh dewasa. 

Nah, dilansir dari laman Your Tango, berikut adalah sejumlah kebiasaan dan tindakan yang mengindikasikan bahwa kita adalah orangtua yang toksik.

Baca juga: Kenali 5 Perilaku Toksik yang Dinormalisasi oleh Masyarakat

1. Tidak pernah menghormati batasan

Penting bagi orangtua untuk menghormati batasan yang telah ditetapkan untuk anak-anak mereka. Sebab, anak juga memiliki privasinya sendiri dan tidak ingin orangtua mencampuri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kita adalah orangtua yang toksik, biasanya kita cenderung tidak menghormati ruang pribadi dan batasan yang dimiliki oleh anak-anak.

Misalnya, saat anak-anak bertambah besar dan memasuki masa remaja, kita sering mengintip laci, lemari, atau apa pun yang ada di dalam kamar mereka secara diam-diam.

Padahal, jika kita memiliki sebuah kekhawatiran pada anak-anak, kita bisa membicarakan hal tersebut pada mereka dengan kata-kata yang baik tanpa mengganggu kenyamanan.

Baca juga: Anak Pra-Remaja Memberontak, Apa yang Harus Dilakukan?

2. Tidak memberikan keamanan

Halaman:


Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.