Kompas.com - 28/07/2021, 17:13 WIB
Pesenam Simone Biles. Olympic.comPesenam Simone Biles.

KOMPAS.com - Simone Biles, yang dianggap sebagai pesenam paling berprestasi sepanjang masa, mundur saat final senam beregu di Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa (27/7/2021) karena masalah kesehatan mental.

Mundurnya Biles itu mengejutkan dunia senam. Selama ini ia adalah pesenam yang percaya diri dan tidak pernah takut dengan pesaingnya.

"Setiap kali kita berada dalam situasi stres yang tinggi, kita mulai menjadi ketakutan dan tidak benar-benar tahu bagaimana menangani semua emosi itu, terutama di Olimpiade," kata Biles kepada para reporter seusai laga.

Biles mengungkapkan bahwa dia merasa kalah secara mental dan saat ini ingin fokus pada kesehatan mentalnya.

Perasaan Biles tergambar di sebuah unggahan fotonya di Instagram dengan caption, "seperti saya memiliki beban dunia di pundak saya pada waktu-waktu tertentu,"

"Saya tahu saya mengabaikannya dan membuatnya tampak seperti tekanan yang tidak memengaruhi saya, tetapi terkadang itu sulit."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Juara! Simone Biles Bisa Lepas Celana Sambil Handstand

Masih belum jelas apakah Biles akan kembali ke nomor individu setelah pengumuman ini atau tidak. Intinya, Biles mengatakan bahwa Tim Senam Amerika Serikat yang akhirnya "hanya" meraih medali perak, akan menjalani "hari istirahat mental" pada Rabu ini.

“Kadang-kadang tidak apa-apa bahkan duduk di luar kompetisi besar untuk fokus pada diri sendiri, karena itu menunjukkan seberapa kuat pesaing dan pribadi kita sebenarnya, daripada hanya berjuang untuk melaluinya,” kata Biles yang pernah meraih 19 emas di kejuaraan dunia senam ini.

Stres karena tuntutan tinggi

Leah Lagos, psikolog olahraga di Manhattan mengatakan seseorang tidak harus menjadi atlet elit terlebih dahulu untuk bisa merasakan momen kritis seperti apa yang dialami Biles. 

“Itu normal bagi tubuh kita untuk berada dalam keadaan 'melawan atau lari' ketika kita merasa dihakimi atau dievaluasi, atau perlu tampil di level atas kita di depan orang lain,” kata Lagos.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.