Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2021, 17:22 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan tubuh lantaran aliran oksigen dapat berkurang ke organ sehingga membuat seseorang menjadi lemas dan mudah lelah.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, orang yang menderita anemia menjadi lebih rentan untuk terserang virus. Terlebih, jika penyakit tersebut tidak dengan segera ditangani.

Pasalnya, penderita anemia menjadi lebih berisiko mengalami hipoksia. Adapun hipoksia merupakan keadaan kekurangan oksigen dalam sel dan jaringan tubuh. Hipoksia dapat merusak sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan.

Karena rentan terhadap hipoksia, penderita anemia yang terkena Covid-19 pun dapat mengalami kondisi 3,5 kali lipat lebih parah dibandingkan pasien yang tidak mengalami anemia.

Maka dari itu, Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) sebaiknya tidak meremehkan anemia. Apalagi, di kondisi pandemi seperti saat ini.

Jika Genbest mengalami gejala anemia, seperti pusing, kulit pucat, sesak napas, dan mudah lelah, sebaiknya langsung memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter.

Sebagai langkah pencegahan, Genbest juga dapat melakukan langkah seperti berikut ini.

Konsumsi zat besi

Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Adapun hemoglobin adalah zat yang mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Untuk mencegah anemia, Genbest dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti beras merah, ayam, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Genbest juga dapat mengonsumsi buah dengan kandungan zat besi yang tinggi, seperti kurma, aprikot, apel, semangka, dan buah bit.

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

Terapkan metode makan "Isi Piringku"

Untuk mencegah anemia, Genbest perlu memastikan tubuh selalu mendapat asupan makanan bergizi.

Agar lebih mudah, Genbest bisa menerapkan metode “Isi Piringku”. Caranya, Genbest cukup mengatur pembagian makanan pada piring.

Pembagian tersebut adalah setengah porsi piring makan yang terdiri dari sayur dan buah. Kemudian, setengah porsi lagi dapat Genbest isi dengan makanan yang terdiri dari karbohidrat dan protein.

Dengan demikian, Genbest dapat mengonsumsi serat dan vitamin lebih banyak sehingga risiko masalah kesehatan seperti anemia dapat dicegah.

Baca Juga: Cegah Stunting dengan "Isi Piringku"

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com