Kompas.com - 28/07/2021, 17:22 WIB
Ilustrasi anemia ShutterstockIlustrasi anemia

KOMPAS.com – Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan tubuh lantaran aliran oksigen dapat berkurang ke organ sehingga membuat seseorang menjadi lemas dan mudah lelah.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, orang yang menderita anemia menjadi lebih rentan untuk terserang virus. Terlebih, jika penyakit tersebut tidak dengan segera ditangani.

Pasalnya, penderita anemia menjadi lebih berisiko mengalami hipoksia. Adapun hipoksia merupakan keadaan kekurangan oksigen dalam sel dan jaringan tubuh. Hipoksia dapat merusak sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan.

Karena rentan terhadap hipoksia, penderita anemia yang terkena Covid-19 pun dapat mengalami kondisi 3,5 kali lipat lebih parah dibandingkan pasien yang tidak mengalami anemia.

Maka dari itu, Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) sebaiknya tidak meremehkan anemia. Apalagi, di kondisi pandemi seperti saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Genbest mengalami gejala anemia, seperti pusing, kulit pucat, sesak napas, dan mudah lelah, sebaiknya langsung memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter.

Sebagai langkah pencegahan, Genbest juga dapat melakukan langkah seperti berikut ini.

Konsumsi zat besi

Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Adapun hemoglobin adalah zat yang mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Untuk mencegah anemia, Genbest dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti beras merah, ayam, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.