Kompas.com - 28/07/2021, 20:46 WIB
Ilustrasi rak buku. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCKIlustrasi rak buku.

KOMPAS.com - Saat terjadi kondisi darurat seperti banjir atau kebakaran, fokus utama kita selain menyelamatkan diri adalah mengamankan dokumen dan berkas-berkas penting.

Itu sebabnya mulailah memilah dokumen mana saja yang harus disimpan dengan aman apabila kita terpaksa harus meninggalkan rumah karena kondisi darurat.

Dokumen seperti surat wasiat, catatan keuangan, polis asuransi jiwa, catatan medis, ijazah, kartu keluarga, dan sertifikat rumah harus disimpan di lokasi yang aman.

Banyak cara untuk menyimpan seluruh dokumen tersebut, namun siapkan terlebih dahulu salinan dokumen dalam bentuk softcopy.

Baca juga: 4 Ide Ciptakan Ruang Penyimpanan untuk Kamar yang Sempit

Dari situ kita bisa melindungi dokumen asli dengan menyimpannya di brankas bank, atau membeli brankas tahan api di rumah.

Sementara salinan softcopy dari dokumen penting bisa disimpan di media penyimpanan file berbasis online (cloud).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Federal Emergency Management Agency (FEMA) menjelaskan tiga opsi menyimpan dokumen penting dengan aman sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

1. Menyewa kotak deposit di bank

Brankas bank adalah tempat yang aman untuk menyimpan dokumen penting. Kotak deposit aman (safe deposit box) di bank akan disimpan di lemari berbahan besi atau baja yang dilengkapi sensor gerak, kamera video, detektor panas, dan perangkat keamanan lainnya.

Kekurangan dari metode penyimpanan ini adalah kita hanya dapat mengakses dokumen saat bank buka di hari kerja.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.