Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengelola Kecemasan Saat Kembali Bekerja di Kantor

Kompas.com - 29/07/2021, 09:54 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 telah memberikan kita banyak pelajaran, termasuk tantangan menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi di rumah.

Ketika orang-orang berpindah dari kantor untuk bekerja di rumah, beberapa merasa terisolasi dan tidak sabar untuk dapat segera kembali di kantor.

Sementara itu, ada pula yang menjadi terbiasa bekerja dari jarak jauh dan tidak pernah membayangkan diri mereka akan kembali bekerja di kantor.

Faktanya, banyak pekerja yang mulai menikmati keuntungan saat bekerja dari rumah karena lebih banyak fleksibilitas dan produktivitas juga meningkat.

Sebuah studi oleh Stanford University terhadap 16.000 pekerja selama sembilan bulan menemukan bahwa bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas sebesar 13 persen.

Dengan begitu, kembali bekerja di kantor mungkin akan menimbulkan kecemasan bagi beberapa orang yang sudah nyaman dan merasa lebih produktif saat bekerja dari rumah.

Kecemasan kembali bekerja di kantor

Sebuah studi global "Employee Care: Defining the New Normal" baru-baru ini menemukan bahwa 100 persen dari 4.553 pekerja yang disurvei merasa cemas untuk kembali di kantor.

Mereka mengungkapkan sejumlah alasan mengapa merasa cemas untuk kembali ke kantor, termasuk takut terpapar Covid-19, kurang fleksibel, dan kerumitan waktu perjalanan.

Sebagai manusia, transisi kehidupan bisa membuat kita stres. Kembali ke tempat kerja mungkin dapat membuat perubahan dalam rutinitas maupun keseimbangan kehidupan kerja.

Sehingga, transisi kembali bekerja di kantor dapat memicu argumen tentang pembagian kerja dan prioritas penjadwalan antara pasangan, atau anggota keluarga lainnya.

Baca juga: 10 Tips Sederhana untuk Siapkan Mental Kembali Bekerja di Kantor

Cara mengelola kecemasan

Dengan segala perubahan yang terjadi, wajar saja jika kita merasa cemas untuk kembali ke kantor. Tetapi hal itu tidak boleh terlalu lama terjadi dan justru mengganggu kinerja kita.

Nah, untuk mengatasinya, seorang psikolog sekaligus pemilik praktik konseling Urban Balance, Joyce Marter, LCPC membagikan beberapa tips mengelola kecemasan saat kita harus kembali ke kantor.

1. Bersimpati pada diri sendiri dan orang lain

Ketahuilah bahwa kita semua memiliki pemicu stres yang unik, sehingga kita juga akan meresponsnya secara berbeda terhadap perubahan saat kembali ke tempat kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com