Kompas.com - 29/07/2021, 12:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Melihat anak-anak tumbuh sehat dan berkembang dengan baik sesuai waktunya adalah momen yang paling membahagiakan bagi orangtua.

Namun, tidak semua anak memiliki garis waktu yang seragam. Ada anak yang sudah bisa lancar berjalan di usia 10 bulan, tapi ada juga yang melakukannya di usia 1.5 tahun. Hal ini terkadang membuat kita khawatir dan merasa belum cukup baik menjadi orangtua.

Nah, untuk menghindari rasa khawatir ini, kita perlu memahami bahwa setiap anak unik dan sehingga bisa terus mendorong mereka untuk dapat berkembang dengan lebih baik.

Dilansir dari laman Motherly, berikut empat aspek yang perlu dipahami saat mengikuti perkembangan anak yang unik tanpa rasa khawatir.

Baca juga: Jangan Terburu-Buru, Ini Tahap Mempersiapkan Bayi Belajar Jalan

1. Anak memiliki proses dan waktunya sendiri

Anak kita memiliki proses dan waktunya sendiri. Itu berarti latihan berjalan, berbicara, dan semuanya dikembangkan pada waktu yang sesuai untuk anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kita khawatir anak belum bisa berjalan atau berbicara, tanyakan kepada dokter tentang apa yang mungkin berguna untuk anak kita.

Menurut Milestone Moments yang dikembangkan oleh CDC, penting untuk mengawasi bagaimana anak bermain, belajar, berbicara, dan bertindak untuk mengetahui perkembangannya.

Apabila anak kita mencoba untuk mencapai tonggak baru dan membutuhkan dukungan ekstra, temukan cara efektif yang dibutuhkan anak tanpa terburu-buru dalam proses belajar.

Berkonsultasi dengan dokter juga penting untuk mencegah kita menyalahkan diri sendiri atau memberikan tekanan yang tidak semestinya pada anak.

Baca juga: Orangtua Perlu Tanggap Kenali Ciri Anak Stres Selama Pandemi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Motherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.