Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 15:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Media sosial memungkinkan siapa saja untuk mengunggah berbagai hal tentang kehidupannya, tak hanya tentang diri sendiri tetapi juga tentang hubungan asmaranya.

Orang sering kali menyatakan status hubungannya dengan cara seperti menggunakan foto profil bersama pasangan, mengunggah foto atau video mesra dengan pasangan, hingga mengunggah kata-kata puitis pada unggahan foto pasangan.

Pola kebiasaan ini ternyata bisa menyiratkan beberapa hal, di antaranya:

1. Kepuasan dalam hubungan

Sebuah survei dilakukan oleh komunitas fotografer virtual, Shotkit, terhadap 2.000 warga Inggirs berusia 18-50 tahun yang sedang menjalin hubungan asmara.

Di antara orang-orang yang mengunggah foto diri dan pasangannya di media sosial, hanya 10 persennya yang menggambarkan hubungan mereka "sangat bahagia".

Sementara di antara responden yang mengatakan jarang mempublikasikan hubungannya di media sosial, hampir setengahnya atau 46 persen mengatakan hubungan mereka sangat bahagia.

Hampir tiga perempat responden yang mendefinisikan hubungan mereka sebagai "sangat bahagia" atau "bahagia" mengatakan bahwa mereka "tidak pernah" mengunggah konten terkait pasangannya.

Sedangkan di antara orang-orang yang secara teratur membagikan posting terkait pasangannya itu, 42 persennya hubungan mereka "sangat tidak bahagia".

Baca juga: 4 Cara Jitu Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan

2. Pamer

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Sabtu (08/08/2020), orang-orang yang mengunggah kemesraan di media sosial bisa saja memang karena sedang dimabuk asmara.

Mereka ingin hubungan itu dilihat oleh orang lain.

"Barangkali mereka yang mengunggah kemesraan di media sosial sedang begitu dimabuk asmara. Sehingga, mereka ingin menunjukkan kemesraan pada dunia."

"Tidak ada salahnya mengungkapkan kebahagiaan, namun perlu disadari bahwa mungkin ada sebagian orang lain yang tidak ingin mengetahuinya," ujar psikoterapis Tina B Tessina, PhD.

Sebuah penelitian digelar oleh para ahli dari Albright College, Amerika Serikat dengan cara mengevaluasi 93 orang pengguna Facebook.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana mereka menunjukkan hubungan asmara mereka melalui jejaring sosial tersebut.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan bahwa unggahan terkait kemesraan dengan pasangan di media sosial adalah hal nyata yang tengah dirasakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com