Kompas.com - 30/07/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi mimisan shutterstockIlustrasi mimisan

KOMPAS.com - Jika tidak melakukan pengukuran tekanan darah, sangat sulit untuk mengenali gejala hipertensi. Apalagi, mayoritas orang yang menderita hipertensi tidak merasakan gejala apa pun.

Memiliki tekanan darah tinggi berarti pembuluh darah dan organ vital kita berada di bawah tekanan lebih dari biasanya.

Sangat penting untuk memantau tekanan darah kita sesering mungkin. Tekanan darah yang terus menerus tinggi membuat kita lebih berisiko mengalami serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Salah satu tanda peringatan tekanan darah tinggi adalah mengalami mimisan terus-menerus.

Di mana, pendarahan kemungkinan berasal dari hidung yang lebih dalam, bukan di sekitar lubang hidung.

Mengutip National Health Service, mimisan yang membutuhkan perhatian medis biasanya berasal dari bagian dalam hidung yang lebih dalam dan terjadi pada orang dewasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gaya Hidup yang Sebabkan Orang Muda Sakit Hipertensi

Mimisan ini dapat disebabkan oleh cedera atau patah hidung, tekanan darah tinggi, kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah atau bagaimana darah membeku, atau obat-obatan tertentu, seperti warfarin.

Meskipun mimisan biasanya tidak terlalu mengkhawatirkan, tapi kita tetap harus mengkonsultasikan ini pada dokter, terutma jika ini disertai dengan gejala anemia, atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Gejala umum lainnya dari tekanan darah tinggi yaitu, penglihatan kabur, sesak napas, nyeri dada, dan sakit kepala terus-menerus.

Kondisi hipertensi sering dikatakan sebagai 'pembunuh diam-diam', karena tak bergejala tapi dapat menyebabkan komplikasi serius.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga untuk Cegah Hipertensi

 



Sumber Express
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.