Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 08:28 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Berbagai kata kunci mengenai vaksinasi rupanya masuk ke dalam daftar pencarian terpopuler Google Trends di Indonesia sepanjang 19-28 Juli.

Google Trends adalah alat untuk melihat tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah pencarian yang diberikan, dimasukkan ke dalam mesin pencari Google relatif terhadap total volume pencarian situs selama periode waktu tertentu.

Terkait vaksin, beberapa kata kunci yang banyak dicari antara lain:

  • Jenis vaksin covid.
  • Cara melihat sertifikat vaksin.
  • Cara daftar vaksin.
  • Tempat vaksin terdekat.
  • Primary care vaksin.
  • Apakah vaksin itu obat.
  • Sebutkan 4 manfaat vaksin covid-19.
  • Apakah ibu hamil boleh divaksin corona.
  • Apakah ibu menyusui boleh vaksin corona.
  • Apa yang dimaksud dengan vaksin.

Vaksin Covid-19 jadi salah satu topik pencarian terpopuler masyarakat Indonesia di Google.DOK GOOGLE INDONESIA Vaksin Covid-19 jadi salah satu topik pencarian terpopuler masyarakat Indonesia di Google.

Selain topik mengenai vaksin, beberapa topik lain terkait pandemi Covid-19 juga banyak ditelusuri masyarakat melalui Google.

Tiga topik lainnya adalah "Seputar Covid-19", "Seputar Protokol Darurat", dan "Seputar Kegiatan di Rumah".

Di topik seputar Covid-19, misalnya, kata kunci seperti cara mencegah virus corona, cara penularan virus corona, cara pengobatan covid 19, hingga cara meningkatkan imun masih banyak dicari oleh masyarakat.

Sedangkan untuk topik seputar protokol darurat, masyarakat banyak mencari kata kunci seperti ppkm diperpanjang sampai tanggal berapa, berapa kasus corona di indonesia, sudah berapa lama pandemi corona di indonesia, hingga ppkm level 4 dimana saja.

Adapun kata kunci untuk topik seputar kegiatan di rumah antara terbilang cukup bervariasi. Beberapa di antaranya seperti apa manfaat taman di rumah, cara isolasi mandiri di rumah, alat olahraga di rumah, cara mengusir tikus di rumah, hingga cara membuat bakso sapi sendiri di rumah.

Baca juga: Banyak Warganet Indonesia Cari Tahu Kapan Covid-19 Berakhir Lewat Google

Menyediakan informasi seputar vaksin

Melihat vaksin Covid-19 sebagai salah satu topik pencarian terpopuler masyarakat Indoenesia, Google meluncurkan panel informasi di Google Search yang muncul untuk kueri terkait vaksin Covid-19.

Panel tersebut memberikan informasi yang terkonsolidasi, seperti ringkasan tentang jenis vaksin, efektivitas, keamanan, distribusi, efek samping, dan lainnya yang tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Google memastikan informasi berasal dari sumber otoritatif lokal dan global yang relevan, di antaranya covid19.go.id, situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (pom.go.id), Kementerian Kesehatan RI (kemkes.go.id), Organisasi Kesehatan Dunia (who.int), dan lainnya.

Selain menampilkan lebih dari 157 rumah sakit rujukan Covid-19 dan pusat pengujian di Google Search dan Maps, Google kini juga menyediakan informasi lokasi lebih dari 1.000 pusat vaksinasi di 70 kota di seluruh Jawa dan menambahkan tombol pendaftaran vaksin di lokasi yang menyediakan registrasi online.

Google memastikan terus bekerja sama dengan Kemkes RI, KCP-PEN, dan otoritas kesehatan setempat untuk menyediakan lebih banyak informasi pusat vaksinasi di seluruh Indonesia.

"Google Indonesia fokus untuk membantu memastikan masyarakat dapat mengakses informasi otoritatif dan terbaru seputar virus, vaksin, dan protokol darurat terkini, untuk menjaga kesehatan sendiri dan orang lain," demikian diungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Setahun Pandemi, Topik Harapan Populer di Pencarian Google

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com