Kompas.com - 31/07/2021, 10:14 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Tren memelihara hewan di rumah, khususnya anjing dan kucing, meningkat drastis selama pandemi di seluruh dunia.

Mengutip National Geographic, sejak Maret sampai September 2020 terjadi peningkatan jumlah hewan yang dipelihara masyarakat di Amerika Serikat sebanyak 8 persen. Sementara di Jepang tercatat ada 60.000 hewan peliharaan tambahan di tahun 2020.

Tren memelihara hewan juga terjadi di Indonesia, walau tidak ada data resminya. Setidaknya kita bisa melihat di media sosial banyak warganet yang mengunggah foto anjing atau kucing kesayangannya.

Peningkatan pemeliharaan hewan ini diiringi dengan kebutuhan akses informasi terkait manajemen dan pola pemeliharaan yang tepat.

Baca juga: Ingin Mengadopsi Hewan Peliharaan? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dulu

Sebuah survei di Inggris menyatakan bahwa 78,6 persen pemilik hewan kesayangan mendapatkan informasi seputar hewan peliharaan melalui internet. Namun serupa dengan yang lain, seringkali informasi yang didapatkan hanya sekadar dari media sosial dan aplikasi percakapan.

Menurut dokter hewan Novi Wulandari, sangat penting bagi pemilik hewan (pet parents) untuk mendapatkan informasi yang tepat, khususnya berkaitan dengan penyakit dan pemeriksaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Informasi dari media sosial sangat mempengaruhi pola perilaku pet parents dalam memperlakukan anjing dan kucingnya, baik dalam pemeliharaan maupun tentang kesehatan hewan kesayangannya,” kata Novi dalam keterangan kepada Kompas.com.

Dia mencontohkan tren di media sosial yang memberikan makanan untuk anjing dan kucing berupa homemade food, raw food, makanan grain free, susu kedelai, bahkan makanan sisa tanpa sumber yang jelas.

“Padahal setiap hewan peliharaan memiliki kebutuhan yang unik sehingga perlu nutrisi yang tepat,” katanya.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Membeli Makanan Kucing

Ilustrasi anak kucingUnsplash/Ilse Orsel Ilustrasi anak kucing

Mendapatkan informasi di media sosial, yang sebatas diskusi atau testimoni, menurut Novi bisa berakibat pemilik hewan memberikan perawatan yang kurang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.