Kompas.com - 31/07/2021, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Kasus ibu hamil terinfeksi Covid-19 perlu mendapatkan perhatian lebih. Selain itu, penting pula agar vaksinasi Covid-19 ibu hamil didorong agar segera dilaksanakan.

Sebab, ibu hamil termasuk kelompok rentan yang memiliki risiko tertinggi terinfeksi Covid-19. Salah satunya adalah karena kondisi imun atau kekebalan tubuh yang menurun secara alami demi melindungi janin.

"Pada ibu hamil ini masalah penting di mana dia memang imunitas tubuhnya pada dasarnya berkurang karena harus menerima janin."

Demikian diungkapkan dr Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K) dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Surabaya dalam Undangan Media Tim Mitigasi IDI & POGI mengenai vaksinasi ibu hamil, Jumat (30/07/2021).

 

Secara umum ia menjelaskan bahwa infeksi virus pada dasarnya dipengaruhi oleh dua hal, yakni berapa banyak virus yang masuk dan seberapa kuat kekebalan tubuh seseorang.

Jika virus yang masuk sedikit dan kekebalan tubuh dalam kondisi baik, maka masuknya virus tak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Sementara jika virus yang masuk sedikit tapi kekebalan tubuh kita rendah, jumlah virus yang sedikit itu mungkin sudah cukup signifikan membuat tubuh kita terinfeksi.

Infeksi juga bisa terjadi jika kekebalan tubuh sangat baik tapi virus yang masuk juga sangat banyak.

"Ya lama-lama pasukan kekebalan kita juga bisa exhausted (lelah) dan menjadi masalah," ucap Manggala.

Baca juga: Hamil Tua Bikin Ibu Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19, Benarkah?

Mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19

Penting bagi ibu hamil memastikan dirinya dan janin tetap sehat. Pastikan berkonsultasi ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan tips sehat terhindar dari infeksi Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.