Kompas.com - 31/07/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi merokok shutterstockIlustrasi merokok

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara di dunia, banyak ilmuwan yang mulai melakukan penelitian untuk mengembangkan pengobatan yang tepat melawan infeksi virus corona.

Bahkan, menurut sebuah penelitian di Perancis, perokok dapat lebih terlindungi dari virus corona karena kandungan nikotin yang memblokade situs berkembangnya virus.

Penelitian yang dipimpin oleh seorang ahli neurobiologi di Institut Pasteur, Jean-Pierre Changeux menduga bahwa patch nikotin dapat membantu mencegah infeksi virus berbahaya. 

Baca juga: Alkohol dan Nikotin Lebih Mengganggu Tidur Ketimbang Kafein

Studi ini mengamati sekitar 500 pasien pengidap Covid-19, 350 di antaranya telah dirawat di rumah sakit dan 150 memiliki perkembangan penyakit ringan.

"Hanya lima persen yang perokok," ujar Kepala Studi dan Profesor Penyakit Dalam, Zahir Amoura kepada kantor berita AFP.

"Ini berarti ada 80 persen lebih sedikit perokok di antara pasien Covid-19, daripada populasi umum pada kelompok usia dan jenis kelamin yang sama," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi ini juga didasarkan pada hipotesis bahwa nikotin menempel pada reseptor sel (ACE2) yang digunakan oleh virus corona, sehingga diasumsikan mencegah virus menempel.

Maka dari itu, para peneliti menyimpulkan virus tidak dapat memasuki sel dan tidak dapat menyebar ke dalam organisme jika nikotin menghalanginya.

Rokok merusak paru-paru

Meski nikotin diklaim dapat menjadi salah satu kandungan yang dapat mencegah virus corona, namun di dalam rokok tidak hanya berisi nikotin saja.

Baca juga: Manfaat Mengejutkan Kafein bagi Pertumbuhan Rambut

Dosen sekaligus peneliti tanaman herbal asal Indonesia, Dr Fenny Yunita, MSi, PhD pun menanggapi penelitian ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.