Kompas.com - 01/08/2021, 18:49 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Rambut rontok memang menyebalkan. Pasalnya, bukan hanya membuat penampilan terganggu tapi juga kita cemas akan botak.

Menanganinya pun cukup sulit. Tidak seperti rambut memutih atau rambut rusak yang bisa ditangani dengan produk perawatan atau mengecat rambut, rambut yang rontok terkadang tidak tumbuh kembali meski telah diobati berbagai cara.

Kerusakan rambut sendiri terjadi di akarnya, dan berbeda dengan penipisan rambut pada batangnya.

“Penipisan rambut akibat kerusakan pada batang rambut itu berbeda. Sebab, penipisan ini tidak mengubah jumlah rambut yang tumbuh dari kulit kepala seseorang,” kata pakar rambut atau trichologist Leonica Kei, yang juga pemilik Leonica K Trichology.

Baca juga: Covid-19 Sebabkan Rambut Rontok, Benarkah?

“Rambut rontok terjadi ketika folikel melemah yang biasanya berkaitan dengan masalah kesehatan internal, mulai dari ketidakseimbangan hormon, stres dan kekurangan nutrisi hingga kecenderungan genetik,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, gaya dan perawatan rambut serta kebiasaan pribadi juga dapat menyebabkan hal itu terjadi.

Kei menjelaskan bagaimana hal-hal kecil yang bisa menyebabkan rambut rontok, mulai dari jarang keramas hingga cara penggunaan kondisioner yang salah.

Kurang sering keramas

Tidak keramas untuk waktu yang lama atau mengganti shampoo dengan alternatif alami bukanlah hal baik, apalagi bagi kita yang tinggal di iklim tropis.

“Shampoo dapat membantu membersihkan kulit kepala dari sebum dan racun. Jika tidak membersihkan sebum di kulit kepala,  menumpuk di sekitar folikel rambut dan menyumbatnya. Sebum yang terakumulasi akan merusak selubung di sekitar akar rambut, yang berfungsi untuk menambatkan setiap helai rambut ke kulit kepala,” kata Kei.

Halaman:


Sumber CNA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.