Kompas.com - 02/08/2021, 10:37 WIB
YouTuber Arief Muhammad. Instagram/Arief MuhammadYouTuber Arief Muhammad.

KOMPAS.com - Instagram sedang diramaikan dengan tren ikoy-ikoyan, dipopulerkan oleh Arief Muhammad, penulis yang kini lebih dikenal sebagai influencer.

Arief mengawali tren ini dengan membagikan sejumlah uang kepada para followers-nya. Jika biasanya tren berbagi ini ditajuki giveaway, dengan produk dan syarat tertentu, maka kini aturan mainnya berbeda.

Secara acak, ia membagikan sejumlah uang kepada pengikutnya di Instagram dengan alasan berbagi. Jumlahnya bisa berbeda untuk setiap orang, dengan alasan yang menurut Arief layak diberikan bantuan.

Istilah ikoy-ikoyan dipilih mengacu pada nama salah satu asisten pria berusia 30 tahun ini. Ikoy, salah satu staf kepercayaannya, bertugas mentransfer uang tersebut kepada follower yang beruntung.

Belakangan, ia mengaku mendapatkan donasi hingga ratusan juta dari sesama pengusaha dan influencer sehingga makin masif membagikan uangnya.

Baca juga: Bagi yang Ikut Tren Ikoy-ikoyan, Ini Pesan Arief Muhammad

"Sampai skrg nggak berhenti-berhenti nih notif. Dari followers, dari temen2 pengusaha, temen2 artis, temen2 influencer, semuanyaaa jadi rame ditodong main ikoy-ikoyan! ???? Dan uniknya jadi banyak yang ketrigger untuk berbagi juga. Seneng banget liatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di whatsapp pun juga sama hebohnya. Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan.. Jawaban gue simple aja: semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rejeki, bagi2 kebahagiaan untuk banyak orang." ujarnya lewat ungghan di akun @ariefmuhammad.

Ia bahkan membuka sesi khusus untuk game unik ini dengan aturan main yang tergolong sederhana. Setiap pengguna Instagram boleh mengirimkan pesan langsung (Direct Message/DM) ke akunnya yang berisi kebutuhan orang tersebut saat ini.

Berbagai alasan boleh dilontarkan, tambahnya, asalkan jujur, tidak dilebih-lebihkan atau dibuat sedih. Selain itu, ia menekankan, pesan spam dipastikan tidak akan dipilih.

Baca juga: Niat Awal Bantu Orang Terlilit Pinjol, Arief Muhammad Malah Dapat Rp 500 Juta

"Santai-santau aja kita, rejeki nggak ke mana" ujarnya via Instagram Story.

Tak pelak, akunnya langsung diserbu warganet yang tertarik main ikoy-ikoyan dengan harapan bisa mendapatkan sedikit derma.

Terbukti, beberapa orang cukup beruntungan mendapatkan sejumlah uang dari Arief. Alasannya juga beragam dengan jumlah uang yang juga bervariasi, mulai dari Rp500.000 sampai Rp10 juta per orang.

Ada keperluan yang remeh seperti membeli skin care, paket data, charger handphone sampai mainan anak-anak. Namun ada juga alasan yang tergolong serius seperti modal usaha, biaya kuliah, sampai membayar tunggakan KPR.

Sepertinya, Arief memang tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan permainan saweran online buatannya ini. Harapannya, keisengannya ini bisa membantu banyak orang yang sedang kesulitan ekonomi di tengah pandemi saat ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ariefmuh (@ariefmuhammad)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.