Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 10:37 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sedang diramaikan dengan tren ikoy-ikoyan, dipopulerkan oleh Arief Muhammad, penulis yang kini lebih dikenal sebagai influencer.

Arief mengawali tren ini dengan membagikan sejumlah uang kepada para followers-nya. Jika biasanya tren berbagi ini ditajuki giveaway, dengan produk dan syarat tertentu, maka kini aturan mainnya berbeda.

Secara acak, ia membagikan sejumlah uang kepada pengikutnya di Instagram dengan alasan berbagi. Jumlahnya bisa berbeda untuk setiap orang, dengan alasan yang menurut Arief layak diberikan bantuan.

Istilah ikoy-ikoyan dipilih mengacu pada nama salah satu asisten pria berusia 30 tahun ini. Ikoy, salah satu staf kepercayaannya, bertugas mentransfer uang tersebut kepada follower yang beruntung.

Belakangan, ia mengaku mendapatkan donasi hingga ratusan juta dari sesama pengusaha dan influencer sehingga makin masif membagikan uangnya.

Baca juga: Bagi yang Ikut Tren Ikoy-ikoyan, Ini Pesan Arief Muhammad

"Sampai skrg nggak berhenti-berhenti nih notif. Dari followers, dari temen2 pengusaha, temen2 artis, temen2 influencer, semuanyaaa jadi rame ditodong main ikoy-ikoyan! ???? Dan uniknya jadi banyak yang ketrigger untuk berbagi juga. Seneng banget liatnya.

Di whatsapp pun juga sama hebohnya. Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan.. Jawaban gue simple aja: semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rejeki, bagi2 kebahagiaan untuk banyak orang." ujarnya lewat ungghan di akun @ariefmuhammad.

Ia bahkan membuka sesi khusus untuk game unik ini dengan aturan main yang tergolong sederhana. Setiap pengguna Instagram boleh mengirimkan pesan langsung (Direct Message/DM) ke akunnya yang berisi kebutuhan orang tersebut saat ini.

Berbagai alasan boleh dilontarkan, tambahnya, asalkan jujur, tidak dilebih-lebihkan atau dibuat sedih. Selain itu, ia menekankan, pesan spam dipastikan tidak akan dipilih.

Baca juga: Niat Awal Bantu Orang Terlilit Pinjol, Arief Muhammad Malah Dapat Rp 500 Juta

"Santai-santau aja kita, rejeki nggak ke mana" ujarnya via Instagram Story.

Tak pelak, akunnya langsung diserbu warganet yang tertarik main ikoy-ikoyan dengan harapan bisa mendapatkan sedikit derma.

Terbukti, beberapa orang cukup beruntungan mendapatkan sejumlah uang dari Arief. Alasannya juga beragam dengan jumlah uang yang juga bervariasi, mulai dari Rp500.000 sampai Rp10 juta per orang.

Ada keperluan yang remeh seperti membeli skin care, paket data, charger handphone sampai mainan anak-anak. Namun ada juga alasan yang tergolong serius seperti modal usaha, biaya kuliah, sampai membayar tunggakan KPR.

Sepertinya, Arief memang tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan permainan saweran online buatannya ini. Harapannya, keisengannya ini bisa membantu banyak orang yang sedang kesulitan ekonomi di tengah pandemi saat ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ariefmuh (@ariefmuhammad)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com