Kompas.com - 02/08/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Retinol adalah salah satu kandungan skincare utama dalam produk antipenuaan. Pasalnya, retinol memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki tekstur, pigmentasi, dan warna kulit.

Retinol juga meningkatkan regenerasi sel, menstimulasi kolagen, dan membuat kulit mengelupas serta melapisi kembali kulit.

Kendati demikian, meski kita menggunakannya bersama pelembap, skincare yang mengandung retinol bisa menjadi terlalu keras bagi kulit dan membuatnya lebih kering.

Sebagian orang bahkan mendapati kulitnya iritasi setelah memakai retinol.

Namun, efek samping itu ternyata normal.

“Ini sangat umum. Meski kami selalu mencoba untuk mengakomodasi dan memformulasi retinol agar cocok bagi semua jenis kulit, tetap saja ada yang tidak cocok,” ujar dokter kulit asal Davie, Lesley Clark-Loeser, MD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skincare Mengandung Retinol, Apa Saja Manfaatnya?

Namun, tidak perlu khawatir. Ada alternatif retinol bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau berusia 40 tahun ke atas. Berikut ini daftarnya:

Asam glikolat

Dermatolog asal New York Lesley Loss, MD mengatakan bahwa asam glikolat mirip dengan retinol dengan perannya yang serupa, untuk eksfoliasi yang akan meningkatkan pergantian sel untuk memperbaiki tekstur kulit.

“Glikolat adalah pilihan yang lebih lembut untuk kulit sensitif. Saya suka menggunakan masker Farmhouse Fresh dengan asam glikolat, seperti Pudding Apeel Tapioca + Rice Active Fruit Glycolic Mask untuk mendapatkan manfaat tanpa efek samping retinol yang keras,” ujar Loss.

Baca juga: Pentingnya Menyortir Koleksi Makeup dan Skincare

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber New Beauty
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.