Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 16:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Laju penularan Covid-19 yang tinggi membuat semua orang harus melakukan tindakan preventif dengan ketat menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Meski begitu masih banyak kesalahan informasi seputar vaksin Covid-19 yang dipercaya masyarakat. Salah satunya aman tidaknya vaksin ini untuk ibu yang masih menyusui.

Dijelaskan oleh dr.Caessar Pronocitro Sp.A dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, faktanya ibu menyusui sangat disarankan melakukan vaksinasi.

“Bukan hanya aman, antibodi yang diproduksi oleh ibu sebagai respon terhadap vaksin juga tertransfer ke tubuh bayi melalui ASI yang diminumnya, sehingga si kecil juga turut mendapatkan manfaat,” kata Caessar dalam acara IG Live “Serba-Serbi Menyusui di Tengah Pandemi” yang digelar oleh @Ibu2Canggih (1/8/2021).

Ia menambahkan, American Journal of Obstetrics and Gynecology juga telah mempublikasikan penelitian yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui namun juga bermanfaat untuk bayi.

“Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan para ibu menyusui untuk diimunisasi dengan vaksin yang saat ini sudah tersedia,” katanya.

Baca juga: 7 Cara Memperbanyak Produksi ASI yang Bisa Dijajal Ibu Menyusui

Mengenai merk vaksin yang aman, menurutnya tidak ada spesifikasi khusus.

“Berdasarkan penelitian, ibu yang masih menyusui bayi dan anaknya dapat tetap menerima vaksinasi Covid, baik dengan merk Sinovac, Sinopharm, Pfizer, Astra-Zeneca, Moderna, maupun Johnson and Johnson,” imbuhnya.

Selain itu, ibu yang berstatus suspect maupun telah terkonfirmasi positif COVID-19 pun tetap dapat menyusui bayinya. Hal ini didasarkan oleh rekomendasi World Health Organization mengingat besarnya manfaat ASI bagi bayi itu sendiri.

“Ini didasarkan atas berbagai penelitian yang mengatakan ASI memberi sangat banyak manfaat untuk bayi, seperti nutrisi, antibodi, maupun terjalinnya ikatan antara ibu dan anak yang terbentuk selama proses menyusui. Manfaat ini jauh melebihi potensi risiko penularan,” kata Caessar.

Baca juga: Pemberian ASI Eksklusif Bukan Cuma Tugas Ibu

Walau begitu, ibu tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat saat menyusui.

Antara lain mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh bayi atau memerah ASI, menggunakan masker, serta membersihkan dan menyanitasi alat bantu pompa ASI.

Untuk mempercepat kesembuhan, ibu yang terinfeksi Covid-19 harus memperhatikan asupan makanan dan terhidrasi dengan baik. Pemantauan kesehatan juga bisa dilakukan dengan telemedicine untuk berkonsultasi dengan dokter jika melakukan isolasi mandiri di rumah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com