Kompas.com - 03/08/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi bercermin sambil berbicara positif dengan diri sendiri. shutterstockIlustrasi bercermin sambil berbicara positif dengan diri sendiri.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Membuka media sosial seperti Instagram dan Twitter memang menyenangkan. Lewat media sosial kita bisa mendapat kabar soal teman-teman atau idola kita.

Kendati demikian, media sosial juga bisa membuat stres bertambah, apalagi Instagram, tempat di mana foto-foto berkumpul.

Pasalnya, foto-foto dari selebritas atau teman kita yang memiliki bentuk tubuh yang bagus atau wajah yang menarik bertebaran, membuat kita tidak percaya diri dengan bentuk tubuh sendiri.

Bahkan di Amerika sana, sebuah survei dari Ipsos menyatakan bahwa hampir 80% orang Amerika merasa tidak puas dengan bentuk tubuhnya.

Lalu, satu dari tiga orang dilaporkan berusaha melakukan diet untuk mencapai bentuk tubuh sempurna.

Masalahnya, menurut coach body image Jesie Barnes, manusia biasanya memiliki gambaran sempit tentang tubuh yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sejak dulu, tubuh kurus dipandang ideal. Film sering menunjukkan orang gemuk yang  digambarkan konyol, sementara karakter kurus dipandang lebih atraktif,” kata coach kesehatan dan ahli body confidence Tiffany Ima.

Baca juga: Kenapa Kita Sering Membandingkan Diri Dengan Orang Lain di Medsos?

Kini, dengan adanya media sosial, masalah citra tubuh terkait bentuk ideal lebih sering terjadi.

"Media sosial adalah cara luar biasa untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia dan membentuk komunitas. Sayangnya, ini juga membuat kita membandingkan diri kita dengan orang lain, terutama dari segi penampilan," kata Barnes.

"Kita semua tahu tipe tubuh tertentu yang diidealkan dalam masyarakat kita. Itu bukan hal baru, tetapi media sosial memperparahnya. Apalagi, dengan adanya fitur seperti like dan komentar,” ujar Barnes.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.