Kompas.com - 03/08/2021, 08:15 WIB
Ilustrasi rekan kerja. PEXELS/MENTATDGTIlustrasi rekan kerja.

 

KOMPAS.com - Melontarkan perkataan yang tidak tepat di lingkungan kerja, baik oleh kita sendiri, rekan kerja, atasan, atau klien bisa sangat memengaruhi kinerja, serta hubungan profesional.

Maka dari itu, penting untuk belajar mengidentifikasi dan menghindari frasa yang tampaknya kasar jika di lontarkan di tempat kerja karena dapat mengganggu secara psikologis.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa frasa atau perkataan yang dapat mengganggu secara psikologis dan harus dihindari berikut ini.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Burnout, Tak Selalu Berhenti Kerja

1. "Tidak bermaksud menyinggung" atau "Dengan segala hormat"

Frasa "tidak bermaksud menyinggung" atau pun "dengan segala hormat" sebelum menyampaikan sesuatu bisa bersifat merendahkan dan menandakan bahwa pembicara tidak menghormati sudut pandang orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. "Saya tidak punya waktu untuk ini"

Rasa aman secara psikologis adalah kunci untuk menjaga tim kerja tetap kompak dan jauh dari perselisihan.

Para peneliti menggambarkannya sebagai ruang mental di mana karyawan bebas untuk berbicara, berbagi berita buruk, dan meminta bantuan ketika mereka berada di situasi yang sulit.

Jika dalam situasi sulit lalu teman kita meminta bantuan dan kita menanggapinya dengan frasa "terlalu sibuk" atau "tidak punya cukup waktu" itu dapat mengirimkan sinyal yang kurang baik baginya secara psikologis.

Baca juga: 10 Tanda Atasan yang Toksik dan Cara Menghadapinya

3. "Apa yang ingin kamu coba katakan"

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.