Kompas.com - 03/08/2021, 15:40 WIB
ILUSTRASI - Hiking ThinkStockILUSTRASI - Hiking

KOMPAS.com - Pandemi yang kita hadapi setahun terakhir membuat banyak orang tidak bisa menyempatkan diri berpetualang ke alam terbuka.

Memang kita harus tetap di rumah untuk mencegah infeksi Covid-19, namun minimnya petualangan menimbulkan rasa kebosanan, serta berdampak pada kesejahteraan mental kita. 

"Saat Anda setengah jalan mendaki gunung, Anda mendapatkan perasaan tinggi yang alami dan pemberdayaan yang ekstrem," kata penjelajah dan penulis Belinda Kirk seperti dikutip dari Independent.

"Manfaatnya bukan cuma ketika kita sedang berpetualang, tetapi itu 'hadiah' yang Anda bawa kembali ke kehidupan normal," katanya.

Hadiah yang ia maksud adalah menjadi lebih berani dan percaya diri, dan memikirkan setelah mendaki gunung, apa lagi yang bisa Anda lakukan.

"Itulah hal yang sangat kuat dari berpetualang secara teratur," imbuhnya.

Baca juga: Jalan-jalan ke Alam Terbuka Ampuh Hilangkan Stres

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama 25 tahun berpetualang, Kirk sudah memimpin banyak ekspedisi pribadi, program untuk orang muda, dan misi penelitian biologi. Ia juga mendokumentasikan perjalanan jarak jauh untuk stasiun BBC.

Kirk melintasi gurun terpencil Nikaragua dengan berjalan kaki, mencari unta di gurun "Sea of Death" China, dan menemukan lukisan batu kuno di Lesotho.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by belinda kirk (@explorerbelinda)

Tidak ketinggalan, dia juga meraih Guinness World Record untuk olahraga dayung di Inggris.

Saat ini dia menulis sebuah buku berjudul "Adventure Revolution" yang menjelaskan betapa pentingnya eksplorasi untuk kesejahteraan manusia, membantu menghadapi ketakutan terdalam, mengelola kecemasan dan menemukan harga diri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.