Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Dilelang, Medali Olimpiade Laku dengan Harga Berapa?

Kompas.com - 04/08/2021, 14:03 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber nytimes

KOMPAS.com - Medali Olimpiade tidak bisa diukur secara materi karena perjuangan atlet untuk mendapatkan medali tidaklah mudah. Kerja keras, pengorbanan, dan latihan bertahun-tahun harus mereka jalani.

Nah, jika seorang atlet berniat menjual medali yang dia raih, kira-kira laku berapa ya?

Belum lama ini rumah lelang RR Auction melepas beberapa medali dari ajang Olimpiade terdahulu.

Satu medali perak untuk cabang olahraga menembak dari Olimpiade Paris 1900 terjual seharga 1.283 dollar AS atau sekitar Rp 18 juta.

Kemudian, medali perunggu dari Olimpiade Musim Dingin Cortina d'Ampezzo, Italia 1956 dilego dengan angka 3.750 dollar AS (lebih kurang Rp 53,7 juta).

Baca juga: Ketenangan Jadi Kunci Keberhasilan Greysia/Apriyani Rebut Medali Emas Olimpiade

Rumah lelang yang berbasis di Boston, Amerika itu juga melepas medali perak Olimpiade Athena 1896. Nilai jual medali tersebut mencapai 180.111 dollar AS, atau setara Rp 2,5 miliar.

"Ini adalah koleksi khusus," sebut wakil presiden eksekutif RR Auction Bobby Livingston.

"Tidak banyak medali yang datang ke pasar dalam beberapa tahun terakhir."

Selain tiga medali itu, RR Auction juga menjual 18 medali lain pada 22 Juli.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting usai pengalungan medali bulutangkis tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Anthony menang atas pemain Guatemala Kevin Cordon dengan skor 21-11, 21-13 dan meraih medali perunggu.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting usai pengalungan medali bulutangkis tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Anthony menang atas pemain Guatemala Kevin Cordon dengan skor 21-11, 21-13 dan meraih medali perunggu.

Banyak eks atlet Olimpiade yang terpaksa menjual medali mereka karena berbagai alasan.

Baca juga: Indonesia Masuk 3 Besar Negara Peraih Medali Terbanyak Kejuaraan Asia

Sebagian mengaku mengalami kesulitan keuangan, sedangkan lainnya menyebutkan bahwa mereka termotivasi mengumpulkan uang untuk berdonasi.

Bill Russell adalah salah satu contohnya. Legenda Boston Celtics tersebut akan menjual medali emas yang dia peroleh di Olimpiade 1956 di balai lelang sekitar musim gugur tahun ini.

"Saya memutuskan untuk menjual sebagian besar koleksi saya," kata Russell dalam video di situs Hunt Auctions, rumah lelang yang akan menangani penjualan medalinya.

Russell mengatakan, sebagian dari hasil penjualan medali akan diberikan kepada MENTOR, badan amal yang didirikannya untuk mempromosikan bimbingan pemuda.

Baca juga: 4 Aksi Kebaikan Atlet Olimpiade yang Layak Ditiru

Lalu, hasil penjualan medali Russell juga akan diberikan untuk kegiatan sosial yang digagas oleh tim NBA Boston Celtics.

Halaman:
Sumber nytimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com