Kompas.com - 04/08/2021, 18:21 WIB

KOMPAS.com - Tidur yang cukup merupakan syarat agar kita tetap bugar dan sehat, itulah sebabnya para ilmuwan terus mencari cara untuk memastikan hal ini didapatkan oleh siapa pun.

Walau begitu, menambah jam tidur juga tidak selalu bermanfaat. Hal itu dibuktikan oleh penelitian terbaru di India.

Penelitian yang melibatkan 452 pekerja berpenghasilan rendah selama sebulan di Chennai itu juga menemukan bahwa tidur siang lebih bermanfaat daripada satu jam tambahan tidur malam, setidaknya pada peserta yang waktu tidur malam harinya terganggu.

Pengukuran dilakukan menggunakan actigraphs, sensor gerakan kecil yang dapat dipakai dan mampu memantau siklus tidur.

Actigraphs dapat mengetahui saat orang tidur di rumahnya sendiri, tanpa memerlukan peralatan tambahan atau konfigurasi yang rumit.

Baca juga: Posisi Tidur dengan Tangan di Dada Sebabkan Mimpi Buruk?

Dengan memberikan informasi dan dorongan, bersama dengan perbaikan lingkungan yang mendukung tidur di rumah, para responden dapat tambahan tidur setengah jam setiap malam. Namun, ternyata manfaat kesehatan yang diharapkan justru tidak mengikuti.

"Yang mengejutkan kami, intervensi tidur malam ini tidak memiliki efek positif apa pun pada hasil apa pun yang kami ukur," kata Frank Schilbach, ekonom dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Efek positif yang diharapkan seharusnya meliputi kemampuan berpikir, pengambilan keputusan, dan produktivitas.

Jumlah jam kerja rata-rata juga turun, ini mungkin dikarenakan lebih banyak waktu di tempat tidur berarti lebih sedikit waktu untuk bekerja.

Banyak penelitian sebelumnya menyoroti efek rendahnya kualitas tidur setiap malam, termasuk peningkatan risiko demensia.

Baca juga: Tanda Kita Kurang Tidur Selain Sering Menguap

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.