Kompas.com - 04/08/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi tidur, jam tidur, siklus tidur, jam tubuh ritme sirkadian mengatur siklus tidur manusia. shutterstockIlustrasi tidur, jam tidur, siklus tidur, jam tubuh ritme sirkadian mengatur siklus tidur manusia.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setelah lelah beraktivitas seharian penuh, tentu kita berharap bisa tidur nyenyak agar di esok hari badan terasa segar kembali. 

Namun, terkadang keinginan tersebut sulit dicapai. Entah malah sulit tidur atau mengalami mimpi buruk yang membuat kita gelisah bahkan terbangun di tengah malam.

Sejumlah budaya, biasanya mempercayai bahwa posisi tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur dan mimpi kita. Kendati demikian, beberapa faktor lainnya juga berperan akan hal ini.

Nah, meskipun tidak ada posisi yang menjamin mimpi indah, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips yang dapat membantu lebih rileks, serta menenangkan pikiran dan tubuh kita.

1. Matikan gadget

Cahaya biru dari perangkat digital seperti ponsel, laptop, dan televisi diketahui dapat mengganggu tidur kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cobalah untuk menjauh dari perangkat digital tersebut setidaknya selama satu jam sebelum tidur. Ini akan membantu otak menjadi rileks dan mempersiapkannya untuk tidur.

Baca juga: Perhatikan, 6 Risiko dari Main Ponsel Sebelum Tidur

2. Hindari kopi sebelum tidur

Dianjurkan untuk tidak menikmati kopi setidaknya enam jam sebelum kita tidur. 

Alasannya, kopi dapat mempengaruhi adenosin, bahan kimia yang mendorong tidur, sehingga waktu tidur kita menjadi tertunda.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

Halaman:


Sumber Asia One
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.